oleh

Bupati Intruksikan Kades Baru Untuk Segera Mulai Bekerja

Prosesi pengambilan sumpah jabatan terhadap 239 kepala desa terpilih dalam pelantikan, dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo

Tulungagung, (Afederasi.com) – Sebanyak 239 kepala desa terpilih dalam pemilihan kepala desa (pilkades) pada 9 Juli lalu di Kabupaten Tulungagung, telah resmi dilantik. Pelantikan digelar di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa, Rabu (11/09/2019).

Pelantikan yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, serta dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) serta tamu undangan.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengintruksikan kepada 239 kepala desa yang telah dilantik untuk segera memulai bekerja membangun desanya. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, tentu saja bahwa kepala desa dalam menjalankan tugasnya, mereka dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan visioner dalam mewujudkan harapan masyarakat, karena semua desa mempunyai potensi.

“Saya intruksikan kepada seluruh kepala desa yang sudah dilantik, untuk segera memulai bekerjanya dengan membangun desanya,” ungkapnya.

Maryoto menuturkan, dengan kemajuan teknologi saat ini, maka semuanya dituntut mulai dari segi administrasi pelaksanaan pemerintahan harus bisa mengikuti. Melihat seluruh desa telah dibiayai oleh dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang cukup besar. Karena dana tersebut selain diperuntukkan bursa ekonomi juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Telan Biaya Rp 0,5 Miliar, Pengurukan Lapangan Sepak Bola Disoal

“Sehingga rencana kegiatan yang sudah masuk Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) itu betul – betul bisa terlaksana dengan bagus,” katanya.

Selain soal pemberdayaan, Bupati juga menekankan agar setiap kades ikut menyukseskan program pemerintah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dimana PTSL ini dinilai sangat menguntungkan warga, karena bisa mendapatkan sertifikat tanah dengan gratis. Warga hanya menyediakan dana untuk pembelian patok, pembelian materai dan kebutuhan administrasi lain.

“PTSL ini sangat penting, warga bisa mendapatkan sertifikat dengan gratis. Saya ingatkan, setiap kades untuk mempersiapkan data di desanya masing-masing,” jelasnya.

Maryoto menambahkan, seusai pelantikan ini pihaknya akan mengadakan pembekalan melalui bimbingan teknis (bimtek). Sebab, pejabat kepala desa yang baru ini cukup banyak. “Sehingga mereka (kades-red) yang baru ini perlu adanya pengetahuan tentang pelaksanaan administrasi pemerintah desa,” pungkasnya. (an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed