oleh

BPBD Gerak Cepat Penanganan Pasca Bencana

Blitar, (afederasi.com) –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan gerak cepat dalam penanganan bencana puting beliung di Desa/Kecamatan Ponggok, (19/11/2020). Pasalnya Hujan deras yang disertai angin mengakibatkan belasan rumah rusak dan ratusan pohon tumbang.

Tim Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Blitar melakukan peninjauan lokasi bencana di Dusun Sidorejo Desa Sidomulyo Kecamatan Ponggok (20/11/2020). Kedatangan tim BPBD tersebut untuk melihat dampak yang di timbulkan pasca bencana puting beliung.

Tim BPBD tersebut melakukan pendataan serta menganilisis dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana puting beliung. Pendataan ini nantinya akan menjadi dasar untuk memberikan bantuan bagi warga yang rumahnya menjadi korban bencana alam.

Sebelumnya tim BPBD pada hari Kamis (19/11/2020) pasca bencana langsung menuju tempat kejadian untuk membantu warga masyarakat menyingkirkan batang pohon yang roboh diterjang puting beliung.

Ada empat rumah warga yang tertimpa pohon dan mengalami kerusakan. Keempat bangunan  warga tersebut milik Maryam, Sukarni, Tutik dan Imam. Kerusakan bangunan rumah menimpa Maryam dan Sukani sedangkan bangunan kandang yang tertimpa pohon milik Tutik dan Imam.

Baca Juga  Mantapkan Personil dan Perlengkapan Hadapi Musim Penghujan

Bangunan milik warga yang rusak tersebut didatangi oleh tim BPBD Kabupaten Blitar untuk di data serta diperkirakan berapa kerugian material yang di alami oleh warga. Nantinya para warga yang bangunan miliknya rusak karena angin puting beliung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakatnya.

Menurut Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Blitar Nadeak  mengatakan bahwa tim BPBD telah melakukan assesment awal untuk mendata perkiraan kerugian yang diderita oleh warga akibat angin puting beliung. Selanjutnya akan dijadikan acuan untuk menentukan besaran bantuan dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang tertimpa musibah.

“Setidaknya apa yang kita lakukan dengan secepatnya mendatangi lokasi musibah bencana akan dapat memberikan pelayanan atas respon pemerintah dalam memperhatikan warganya yang terkena musibah bencana alam angin puting beliung. Selain itu juga sebagai kepedulian pemerintah untuk memperhatikan kondisi warganya yang terkena musibah,” ujar Nadeak, (20/11/2020). (adv/am)

News Feed