oleh

Mengintip Gowes Mini Track, Si Imut yang Sporty

Tulungagung, (afederasi.com) – Akhir-akhir ini, bersepeda kian digemari masyarakat. Tak peduli remaja, anak-anak hingga usia lanjut menggandrungi olahraga dengan beragam jenis sepeda yang berharga ratusan ribu, hingga puluhan juta.

Namun bagi orang-orang yang bertangan usil, mereka tidak mau terlarut dengan nama besar merk sepeda tertentu. Ia lebih memilih membuat sesuatu yang beda, imut, unik, ngeyel, dan, sporty, yakni sepeda mini track.

Sepeda mini track sebenarnya adalah sepeda mini yang pernah eksis diera tahun 90an. Kemudian dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambah aksesoris sesuai keinginan pemiliknya.

Tak jarang, biaya untuk membangun sebuah sepeda mini track ini, bisa digunakan untuk membeli sepeda baru.

Imam, salah satu pemilik sepeda mini track di Kota Marmer ini mengungkapkan, untuk merakit sebuah sepeda mini track ini ia harus merogoh sakunya cukup dalam. Menurutnya, langkah pertama yang harus disiapkan yakni bagian rangka.

“Rangka ini harus ada, karena merupakan identitas dari sepeda mini track,” katanya.

Imam tak memungkiri jika saat ini sangat sulit mencari rangka tersebut. Karena sepeda jenis ini sudah tidak ada lagi di toko. Kalaupun ada di pasar loak, pasti jadi rebutan dan harganya tinggi.

Baca Juga  2.777 Personil Gabungan Disiagakan Amankan Pengesahan Warga Baru PSHT

“Saya dulu membeli bekas Rp 350 ribu di teman saya,” terangnya.

Kemudian lanjut Imam, rangka tersebut tinggal dibersihkan dan dicat ulang, dan menambah beberapa bagian seperti velg, jenis ban, gear, pedal, sadel, rem dan sebagainya sesuai keinginan pemiliknya.

“Kalau dituruti bisa mencapai jutaan mas. Kalau punya saya sekitar Rp 2 juta-an,” ucapnya sambil tersenyum.

Imam mengaku, ia lebih percaya diri jika mengendarai sepeda mini tracknya tersebut. Sebab, selain unik dan memiliki ciri khas, sepeda tersebut juga nyaman dikendarai.

“Kalau melihat sepeda baru di jalan itu sudah biasa, kalau melihat yang unik itu baru luar biasa,” candanya.

Imam menambahkan, saat ini komunitas sepeda mini track di Tulungagung sudah cukup banyak. Dikomunitasnya yang bernama Mini Track Tulungagung (MTT) saja ada 25 anggota.

“Kami sering gowes bersama, sekedar untuk menyalurkan hobi dan olahraga,” katanya. (yp)

News Feed