oleh

Art Shop, Perjuangan Pelukis dari Jeratan Covid-19

Tulungagung, (afederasi.com) – Pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan berakhirnya membuat pelaku seni seperti pelukis bersusah payah untuk mencari celah kehidupan dalam bidangnya.

Untuk menyambung hidup, puluhan pelukis menggelar Art Shop pameran lukisan di gedung Belga lantai 3 selama sepekan. Selain memamerkan lukisan, kegiatan ini sekaligus bursa jual karya lukisan.

“Semoga ada karya-karya kami yang terjual dalam pameran ini,” kata salah satu pelukis yang ikut pameran Budi kepada afederasi.com, Sabtu (10/10/2020).

Budi mengatakan, kegiatan ini diadakan atas inisiatif teman-temannya yang prihatin dengan situasi pandemi ini. Sedangkan biaya untuk menggelar kegiatan ini diambilkan dari uang iuran dari para pelukis.

“Dari uang iuran tersebut, disewalah gedung Belga lantai 3 ini,” ungkapnya.

Budi melanjutkan, Art Shop ini melibatkan 45 pelukis se-karisedenan Kediri. Antara lain, satu orang dari Kediri, dua orang dari Blitar, dua orang dari Trenggalek, dan sisanya dari Tulungagung. Semua hasil karya terbaiknya, ditampilkan dengan berjajar. Harapannya, ada pengunjung yang melirik dan membeli lukisannya.

Baca Juga  Libur Panjang, KAI Daop 7 Antisipasi Lonjakan Penumpang

“Jika terjual, tentu bisa menyambung hidup kami,” imbuhnya.

Budi menyebut, setidaknya ada 50 lukisan yang dipamerkan. Adapun harganya, dibandrol antara Rp 450 ribu sampai Rp 7 juta. Lukisan itupun menyedot antusias masyarakat Tulungagung yang dihadiri sampai 60 orang secara bergantian.

“Karena lukisan adalah karya seni, jadi tidak ada patokan harganya,” ungkapnya.

Disinggung apakah dalam pandemi ini para pelukis tidak mendapat bantuan dari pemerintah? Budi meneruskan bahwasannya dari pemerintah tidak memberikan bantuan kepada para pelaku seni terutama pelukis. Adanya musibah dari covid-19, Budi sadar tak hanya profesinya yang diambang pilu, melainkan banyak profesi lain yang bernasib sama.

“Saya sebenarnya tidak mengharapkan bantuan dari pemerintah, tapi ya setidaknya diberikan solusi dari adanya wabah ini,” tukasnya. (az/yp)

News Feed