oleh

Sosialisasikan Perilaku Sehat Melalui STBM

Lamongan, (afederasi.com) – Beragam cara terus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Setelah berjibaku dengan protokol kesehatan, kini instansi plat merah tersebut kembali mensosialisasikan perilaku hidup sehat melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“STBM ini merupakan upaya yang dilakukan oleh setiap individu dan masyarakat dalam rangka mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” kata Kepala UPT Puskesmas Karanggeneng Poeji Hariyani disela-sela kegiatan sosialisasi STBM kepada Kader Posyandu dan Perangkat Desa di Desa Sumberwud.

Wanita yang akrab disapa Poeji ini menjelaskan, keunggulan dari program STBM yakni program yang mengusung non-subsidi untuk membangun sarana jamban tingkat rumah tangga. Diamana, hal ini masih menjadi program sanitasi yang terbukti paling cepat meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku sehat.

“Jadi STBM ini satu-satunya program sanitasi yang menyasar langsung ketingkat rumah tangga,” katanya.

Poeji menegaskan, program STBM ini juga fokus pada perubahan perilaku, dan bukanlah pembangunan sarana seperti pembuatan jamban. Menurutnya, sanitasi merupakan perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya.

Baca Juga  Jelang Penetapan Paslon, Yes-Bro Perkuat Basis Suara

“Harapannya, upaya menjaga sanitasi ini untuk meningkatkan kesehatan manusia,” terangnya.

Poeji melanjutkan, setidaknya ada lima hal yang menjadi sasaran dalam program STBM ini. Diantaranya, stop buang air besar (BAB) sembarangan, cuci tangan pakai sabun, penggelolaan air minum rumah tangga, higiene sampah atau pengamanan sampah, dan pengolahan limbah cair rumah tangga.

Sementara Itu, Kepala Desa Sumberwudi melalui Pelaksana tugas (PLT) Sekertaris Desa Muzayin menyampaikan terima kasih kepada UPT Puskesmas Karanggeneng. Menurutnya, adanya sosialisasi ini sangat membuka wawasan masyarakat tentang pentingnya sanitasi untuk kesehatan.

“Semoga masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dapat mengaplikasinya di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan afederasi.com, kegiatan sosialisasi ini digelar di Kantor Desa Sumberwudi dan dihadiri oleh 20 kader Posyandu dan perangkat desa setempat. (ra/yp)

News Feed