oleh

Ratusan Hewan Piaraan di Kota Marmer Divaksinasi Rabies

Tulungagung, (afederasi.com) – Ratusan hewan piaraan seperti anjing, kera, dan kucing mendapatkan vaksinasi rabies gratis yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung pada, Kamis (1/10/2020). Selain untuk mempertahankan status bebas rabies, kegiatan ini juga untuk memperingati World Rabies Day setiap tanggal 28 September.

“Selain mengadakan vaksinasi secara gratis, kami juga memberikan informasi dan edukasi tentang penyakit rabies,” kata Kasi Pengamatan Penyakit Hewan dan Kelembagaan Kesehatan Hewan (PPH) Dinas Peternakan Tulungagung Ike Elia Ananta Sari.

Ike menjelaskan, vaksinasi ini ditujukan untuk hewan-hewan yang berpotensi menjadi perantara rabies seperti anjing, kucing, dan kera.

Menurutnya, salah satu gejala yang mudah diamati ketika hewan terjangkit rabies yaitu takut terkena paparan sinar matahari. Ketika hewan peliharaan terjangkit penyakit rabies dan menggigit manusia, disitulah titik penularan penyakit.

“Penularannya lewat air liur, yang dikhawatirkan jika menggigit manusia bisa menular ke manusia,” lanjutnya melengkapi.

Ike mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi rabies ini sudah dilaksakan dilima Puskeswan area Tulungagung dengan total 250 penangan. Rinciannya, Puskewan Ngunut menangani 45 ekor, Puskewan Kalidawir menangani 55 ekor, Puskewan Rejotangan menangani 30 ekor, Puskeswan Campurdarat menangani 30 ekor, dan Puskewan Kedungwaru menangani 90 ekor.

Baca Juga  Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah Jadi 631, DKI Jakarta Paling Banyak

“Alur penanganannya sendiri harus melawati protokol Covid-19 bagi pemilik hewan. Sedangkan bagi hewan peliharaan, harus dinyatakan sehat oleh bagian pemeriksaan yang disediakan, kemudian baru dilakukan penyuntikaan vaksinasi rabies,” bebernya.

Dengan adanya program World Rabies Day ini, tentu akan meringankan pemilik hewan peliharaan. Sebab jika mereka melakukan vaksinasi sendiri, biayanya yang dikeluarkan mahal.

“Kalau saya memanggil dokter ke rumah atau ke klinik, biaya yang saya keluarkan bisa mencapai Rp 180 ribu per ekor,” tutur Emil Salim (32) pemilik tujuh kucing yang telah di vaksinasi. (az/yp)

News Feed