oleh

Pentingnya Menjaga Asupan Pangan Untuk Meningkatkan Imunitas

Tulungagung, (afederasi.com) – Menjaga asupan pangan yang aman dan bergizi, adalah salah satu cara untuk meningkatkan imunitas. World Health Organization (WHO) mencatat, jutaan orang jatuh sakit hingga banyak yang meninggal akibat mengonsumsi pangan yang tidak aman.

Lantas ada berapakah warga Kota Marmer yang sakit akibat mengkonsumsi pangan yang tidak aman?

Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Masduki mengungkapkan, sejak bulan Januari dan terulang dibulan Maret setidaknya ada 2 kasus keracunan yang terjadi di Kota Marmer. Dibandingkan tahun sebelumnya yakni 2019, tentua angka ini mengalami penurunan.

“Pada tahun 2019 dibulan yang sama ada 4 kasus, berarti prosentase penurunan sekitar 50 persen,” katanya.

Masduki melanjutkan, salah satu penyebab keracunan karena mengonsumsi pangan yang tidak aman dan ada campuran bahan yang tidak berkualitas.

“Korban mengalami keracunan karena makan sembarang makanan, seharusnya kita semua bisa menjaga pola makan dan harus memerhatikan makanan apa yang masuk dalam tubuh kita terutama di era pandemi seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Baca Juga  Sambut Kapendam V Brawijaya, Ini Kesan Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian

Masduki menuturkan, dimasa Covid-19 seseorang harus menjaga gizi serta imunitas tubuh, seperti rajin-rajin mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, dan Zink. Selain memerhatikan kandungan makanan, pihaknya juga menghimbau untuk memerhatikan proses pengolahan makanan dan untuk pelaku usaha agar selalu menjaga kehigenisan alat-alat yang digunakan untuk produksi.

“Jangan sampai mencampurkan bahan kimia di dalam makanan yang akan disajikan,” imbuhnya.

Masduki menambahkan, sebagai masyarakat awam tidak bisa menganggap keracunan adalah penyakit sederhana. Pasalnya, itu bisa menyebabkan penyakit serius seperti kanker hati, kanker organ, lain dan kanker pencernaan.

“Jangan sampai terjadi korban keracunan selanjutnya karena lalai menjaga kualitas asupan makanan, dan keracunan,” jelasnya. (er/yp)

News Feed