Rabu, 13 Oktober 2021, 18:35 WIB

Pemkab Kediri Terus Genjot Vaksinasi Pelajar

Kediri, (afederasi.com) – Hingga pertengahan Oktober Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mencatat hampir merampungkan 90 persen vaksinasi dosis pertama pada usia 12-17 tahun. Pihaknya mengaku menargetkan akhir bulan Oktober telah selesai dan melanjutkan ke tahap dosis kedua.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri dr. Achmad Khotib menjelaskan serapan vaksinasi itu masih terus diprioritaskan. Mengingat kegiatan belajar mengajar juga sudah melakukan pertemuan tatap muka (PTM).

“Benar, saat ini kami masih fokuskan ke pelajar usia SMP-SMA sederajat juga,” katanya ketika dikonfirmasi afederasi.com, Rabu (13/10/2021).

Khotib menuturkan dari total 82 ribu pelajar SMP-SMA sederajat, saat ini serapan vaksinasi telah mencapai 70 ribu anak sekolah. Namun data tersebut bisa berubah setiap hari, mengingat selalu diadakan vaksinasi terhadap anak sekolah.

“Sementara masih di angka hampir 90 persen pelajar,” imbuhnya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kediri itu berharap target 100 persen dosis pertama bisa selesai pada akhir bulan. Sehingga, Pemkab Kediri bisa melakukan pendataan ulang, dan juga melakukan persiapan dosis kedua vaksinasi agar tidak membeludak saat pemberian vaksin.

Baca Juga  DPRD : Optimalkan Vaksinasi di Pedesaan, Untuk Capai Herd Immunity

Dalam hal ini, pihaknya mencanangkan vaksinasi terpusat di kecamatan, atau di sekolah masing-masing. Seperti yang juga dilakukan sejak satu bulan terakhir. Dengan serapan setiap hari mencapai 1-2 ribu dosis.

“Ini juga tergantung dari kesiapan tenaga kesehatan dari kecamatan, hingga penyelenggara dari sekolah harus tetap saling koordinasi satu sama lain,” tutupnya.(sya/dn)

News Feed