oleh

Pantau Kesehatan Ibu Hamil, Puskesmas Laren Jemput Bola

Lamongan, (afederasi.com) – Rendahnya minat pemeriksaan kesehatan ibu hamil akibat pandemi Covid-19 di Kecamatan Laren langsung direspon Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan. Melalui, petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat melakukan sistem jemput bola dengan inovasi Layanan Laboratorium (Lala) Mobile.

Pemeriksaan ini untuk memastikan ibu hamil mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat.

“Selain minat rendah karena Covid-19, Lala Mobile ini untuk menjawab infrastruktur yang kurang mendukung menuju puskesmas,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Laren Istiqomah, Rabu (7/10/2020).

Dijelaskan olehnya, melalui Lala Mobile ibu hamil tidak perlu jauh-jauh datang ke Puskesmas Laren untuk pemeriksaan. Namun tim Puskesmas Laren yang datang melayani ibu hamil.

“Dari 20 desa, kami mendatangi 4 titik desa agar semakin terjangkau. Kami juga bekerjasama dengan kepala desa untuk memanfaatkan Mobil Sehat untuk menjemput ibu hamil secara gratis,” jelas Istiqomah.

Dia mengharapkan, melalui Lala Mobile ini pelayanan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) Terpadu menjadi lebih mudah dan cepat, kunjungan meningkat, sehingga risiko tinggi pada ibu hamil dapat terdeteksi sejak dini.

Baca Juga  Antisipasi Musim Penghujan, Sejumlah Saluran Air Dikeruk

Istiqomah memapaparkan, pemeriksaan ANC Terpadu meliputi timbang berat badan, pemeriksaan tekanan darah secara rutin, pemeriksaan terhadap janin dan denyut nadi janin dan pengukuran status gizi untuk mencegah dampak buruk pada kelahiran bayi.

“Termasuk penentuan usia kehamilan, pemberian tablet zat besi, serta konseling terkait kehamilan, persiapan pemberian asi eksklusif, dan KB pasca persalinan,” sambungnya.

Istiqomah menambahkan, ANC yang baik adalah yang dilakukan minimal empat kali selama kehamilan. Yakni satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali di trimester ketiga. (ra/yp)

News Feed