oleh

Jelang Ramadan Gelar Megengan Bersama, Tumbuhkan Sisi Religius pada ODHA

Tulungagung, (afederasi.com) – Puluhan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Tulungagung menggelar tradisi megengan guna menyambut bulan Ramadan 1442 Hijriyah.

Kegiatan yang turut menghadirkan para penyuluh agama ternyata mampu menumbuhkan sisi religius pada diri ODHA. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Tulungagung, Ifada Nur Rohmania kepada afederasi.com Rabu (7/4/2021).

Ifada melanjutkan, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, sebagai muslim perlu menyambut bulan yang penuh suka cita ini dengan tradisi megengan bersama. Kegiatan ini sebagai semangat baru bagi para ODHA, dan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan karena akan dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan.

Menurut Ifada, megengan bersama ini merupakan salah satu mitigasi dampak yang dilakukan oleh KPA. Progam dari KPA salah satunya yaitu religion psikoterapi.

Artinya, KPA juga berperan untuk membantu penguatan secara spiritual para ODHA.

“Disini para ODHA ada yang mengikuti majelis taklim, disini diajarin bagaimana cara sholat, wudhu, belajar mengenai hukum Islam, dan mengaji Al- Quran,” ujarnya.

Baca Juga  Penderita TBC Cukup Tinggi, Waspadai Penularannya

Ifada berharap untuk kedepannya para ODHA harus semakin produktif, kebutuhan mental, psikologis, dan spiritual para ODHA harus selalu terpenuhi.

“Permasalahan ODHA tidak pernah akan selesai, jadi harus tetap kita perhatikan bersama- sama,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu peserta megengan, Eko Samsul Huda (29), menurutnya saat ini pertama kali ia ikut megengan yang dilakukan dengan para ODHA. Ia nampak sangat gembira dan bersuka cita dalam menyambut Ramadan kali ini.

“Kebutuhan spiritual saya juga semakin terpenuhi,” ucapnya.

Eko berharap semoga para ODHA lainnya bisa bergabung dengan majelis taklim, karena mengikuti majelis taklim mempunyai manfaat sangat banyak.

“Saya mulai aktif belajar ngaji lagi dan saya tidak sungkan kepada yang lain, kalau ditempat lain sungkan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan afederasi.com, megengan bersama dengan para ODHA telah dilakukan pada Rabu, (7/4/2021) bertempat di Masjid Nurul Taqwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung. Dihadiri oleh sekitar 30 hingga 40 peserta megengan. (er/dn)

News Feed