oleh

Ini Tips Olahraga Bersepeda Ditengah Pendemi

Tulungagung, (afederasi.com) – Olahraga bersepeda memang tengah digandrungi masyarakat. Tak peduli anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tuapun banyak ditemukan gowes meski dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni bermasker.

Lantas bagaimana pemenuhan oksigen untuk tubuh, dan sirkulasi udara ketika hidung dan mulut tertutup masker saat sedang berolahraga ?

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung Kasil Rohmat mengatakan, saat seseorang berolahraga bersepeda maka diperbolehkan untuk tidak selalu memakai masker.

Menurutnya, kegiatan olahraga yang dilakukan dengan memakai masker secara penuh mengakibatkan suplai oksigen yang dihirup meningkat dan karbon dioksida yang di keluarkan juga relatif tinggi.

“Demi mencegah kekurangan suplai oksigen pada tubuh, dan mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan saat berolahraga maka diperbolehkan untuk sesekali menurunkan masker yang sedang dipakai,” katanya usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020).

Namun demikian lanjut Kasil, protokol kesehatan Covid-19 yang lain tetap wajib dilakukan seperti menjaga jarak. Selain itu, pesepeda juga harus tetap membawa masker, yang harus digunakan ketika berhenti.

Baca Juga  Parade Kesenian Budaya Bisa Dinikmati Ditengah Pandemi

“Asalkan bersepedanya tidak bergerombol dan tertib untuk menjaga jarak,” tegasnya.

Kasil menganalogikan, ketika seseorang naik mobil sendiri dan menyalakan AC juga tidak perlu memakai masker. Namun ia tetap harus membawa masker, untuk digunakan saat keluar mobil.

“Seperti halnya jika olahraganya renang, masak ya memakai masker,” candanya.

Sekali lagi Kasil menegaskan, alangkah baiknya semua harus mematuhi protokol kesehatan. Sebab, dengan memakai masker sangat membantu dan melindungi dari dampak penularan Covid-19. Terutama di tempat umum yang berpotensi timbulnya kontak fisik dengan banyak orang. (az/yp)

News Feed