oleh

Dukung Vaksinasi, Tiga Pilar Sosialisasikan Keamanan dan Kehalalan Vaksin Covid-19

Lamongan, (afederasi.com) – Pemerintah terus menggaungkan keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19 ke seluruh lapisan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Tiga Pilar di Kecamatan Deket. Mereka rela turun langsung ke bawah untuk mendukung program vaksinasi.

“Masyarakat tidak usah takut dengan Vaksinasi Covid-19, karena sudah dimulai oleh bapak presiden Joko Widodo. Yakinlah, kita semua akan terhindar dari bahaya Covid-19,” kata Komandan Koramil (Danramil) 0812/02 Deket Kapten Arh Suherman.

Suherman juga menghimbau kepada masyarakat, jangan khawatir maupun takut dengan isu-isu yang kurang jelas di medsos (media sosial).

“Percaya dengan pemerintah yang telah berupaya untuk vaksinasi tanpa biaya dan gratis tentunya dimulai garda terdepan Takes/Nakes, TNI-Polri dan masyarakat,” pesan Danramil Deket.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Deket Iptu Sri Iswati. Dirinya menyampaikan bahwa pada intinya, pandemi Covid-19 ini memang ada dan tidak boleh diremehkan. Terlebih Lamongan saat ini melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kita harapkan masyarakat Kabupaten Lamongan tetap mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Baca Juga  Sidak Vaksinasi di RS Soewandhie, Armuji: Lansia Tetap Prioritas

Sri Iswati juga menegaskan kepada masyarakat, terkait sosialisasi program vaksin Covid-19 bahwa vaksin yang akan diberikan aman.

“Vaksin ini sangat penting karena nantinya tidak semua masyarakat yang langsung mendapatkan vaksin, namun akan berjenjang,” terangnya.

Ditempat yang sama pula, Kepala Unit Pelayanan Terpadu Dinas (KaUPTD) Dinas Kesehatan kecamatan Deket, dr Vika memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang vaksinasi yang akan dilaksanakan. Intinya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, menyambut positif pemberlakuan PPKM.

Menurutnya selain PPKM, vaksinasi juga merupakan bagian dari upaya pencegahan, dalam menciptakan kekebalan bersama terhadap Covid-19.

“Vaksin adalah pilihan realistis dan utama. MUI juga sudah menyampaikan vaksin ini halal. Ini aman, sebagaimana imunisasi yang sudah berlaku lama. Efek demam ringan, gatal. Uji klinis juga tidak ada efek yang fatal,” tuturnya.

Pada acara sosialisasi ini, Camat kecamatan Deket Joko Raharto melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Arif Fakhrudin menjelaskan sosialisasi ini adalah merupakan penerapan instruksi Mendagri nomer 1 tahun 2021 dan sosialisasi program Vaksin Covid-19, juga disampaikan pula  Instruksi Bupati Lamongan No.1 tahun 2021 tanggal 10 Januari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca Juga  Jelang Vaksinasi Tahap 2, Pemkot Surabaya Tambah Fasyankes

“Pada inti dasarnya kalau kita semua takut dengan vaksinasi berarti kita tidak percaya dengan adanya dokter termasuk pemerintah, padahal pemerintah sudah berupaya untuk menyiapkan dan menyelamatkan masyarakat.

Untuk itu kami menekankan kepada semua masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi yang nantinya akan diadakan dari pihak kesehatan yaitu petugas Pukesmas Deket,” tandasnya.

Kemudian, acara sosialisasi selesai diteruskan kegiatan sosial kerja bakti dan penyerahan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat yang rumahnya tergenang air/kebanjiran, lalu pemberian gizi kepada anak balita dan ibu hamil dilanjutkan pemeriksaan penyakit kulit dikaki akibat banjir. (ra/yp)

News Feed