oleh

Belasan Karyawan PT BSI Positif Covid-19, Sembilan Orang Dinyatakan Sembuh

Banyuwangi, (afederasi.com) – Sejumlah karyawan dari perusahaan pertambangan PT Bumi Suksesindo (BSI) yang beralamatkan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, terkonfirmasi positif Covid-19. Setidaknya ada 13 pekerja yang terkonfirmasi secara kumulatif sejak beberapa bulan yang lalu, Minggu, (25/10/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Banyuwangi, Dr  Widji Lestariono membenarkan adanya karyawan PT BSI yang terkonfirmasi Covid-19, ada 13 karyawan, sembilan diantaranya sudah sembuh, empat masih menjalani perawatan di rumah sakit (RS). Seluruh karyawan tersebut termasuk orang tanpa gejala (OTG) atau hanya dengan gejala ringan.

“Memang benar, semua yang terkonfirmasi Covid-19 dari hasil swab yang dilakukan,” kata dr Rio sapaan akrab Kadinkes Banyuwangi.

Menurut dr Rio, kasus yang ada di PT BSI ini tidak secara bersamaan. Melainkan secara kumulatif, jadi sudah beberapa bulan lalu ditemukan sejumlah karyawan yang terkofirmasi Covid-19.

“Hingga saat ini ada 13 karyawan yang positif, sembilan sembuh, hanya empat orang yang masih menjalani  perawatan,” paparnya.

Rio menambahkan, bantuan mesin Ral Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang diberikan PT BSI sangat membantu dalam penanganan Covid-19. Selain itu PT BSI telah memberlakukan protokol kesehatan sangat ketat, semua orang termasuk karyawan yang akan masuk di lingkungan perusahaan sudah diswab.

Baca Juga  15 Karyawan Pabrik Pengepakan Udang Positif Corona

“Kita berharap penerapan protokol kesehatan yang telah dilakukan secara ketat bisa mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di lingkungan perusahaan,”  terangnya

Konfirmasi terpisah Communication Affairs Manager PT BSI, Yusi Avianto Pareanom mengatakan, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan dengan sangat ketat, sebelum adanya karyawan yang terkonfirmasi Covid-19. Bahkan, pihaknya selalu berkerja sama dan berkordinasi dengan Satgas untuk penanganannya.

“Kami belajar dari kasus yang ada, setiap karyawan yang memiliki indikasi Covid, seperti batuk, demam, pilek perusahaan segera melakukan pemeriksaan dan dilakukan isolasi,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan, masih kata dia, PT BSI telah melakukan berbagai pencegahan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Dalam seluruh kegiatan operasional perusahaan, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan kerja untuk semua karyawan, memeriksa suhu tubuh, mewajibkan pakai masker, menjaga jarak, hingga menutup kegiatan kunjungan wisata tambang (mine tour).

“Semua diberlakukan sangat ketat, sejauh ini kondisi masih aman, perusahaan masih bisa beroperasi. Perkiraan belum sampai 0,5 persen dari jumlah karyawan yang ada,” pungkasnya. (ron/dn)

Baca Juga  PSBB Berakhir, Mall Surabaya Mulai Diserbu Pengunjung

News Feed