oleh

15 Karyawan Pabrik Pengepakan Udang Positif Corona

Situbondo, (afederasi.com) – Sebanyak 15 orang karyawan pabrik pengepakan udang dibawah naungan PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) Situbondo, Jawa Timur terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dari belasan orang yang terpapar ini, 14 diantaranya adalah karyawan asal luar kota.

Hak itu juga dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Akhmad Yulianto. Dirinya menerangkan jika dari belasan karyawan pabrik pengepakan udang yang berlokasi di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan,14 karyawan di antaranya merupakan asal Kabupaten Bondowoso, dan satu karyawan positif lainnya asal Kecamatan Mangaran, Situbondo.

“Dari data kami, karyawan (PT PMMP) yang positif terinfeksi virus corona asal Situbondo satu orang dan asal Bondowoso 14 orang,” ujar Yuli kepada wartawan, melalui saluran telepon selulernya.

Masih menurut Yuli, untuk menyikapi kasus kondisi tersebut, hari ini tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo, telah melakukan tes usap (swab test) terhadap karyawan pabrik yang kontak erat dengan karyawan terinfeksi corona.

“Ada 130 orang karyawan yang memiliki kontak erat hari ini kami melakukan tes usap (swab test), dan hari ini juga dikirim ke laboratorium Surabaya,” ucapnya.

Baca Juga  Delapan Orang Confirms Corona, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

Hingga saat ini, sambung Yuli lagi, tim Satgas Penanganan COVID-19 setempat masih melakukan penyelidikan asal penularan virus corona yang menginfeksi belasan orang karyawan pabrik pengepakan udang tersebut.

“Penularannya masih diselidiki, bisa saja karyawannya itu tertular di lingkungan rumahnya. Makanya kami masih lakukan pelacakan mengenai asal penularannya,” tuturnya.

Yuli menambahkan, PT Panca Mitra Multi Perdana yang memiliki ribuan karyawan itu, selama ini telah menerapkan protokol kesehatan dan dilengkapi dengan tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan lainnya.

“Kalau di pabrik tersebut selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan, semuanya lengkap,” ujarnya.

PT PMMP Situbondo, melalui  Humasnya, Eko Kridarso mengemukakan bahwa belasan orang karyawannya yang positif telah melakukan karantina mandiri.

“Hari ini yang dilakukam tes usap adalah karyawan yang kontak erat dengan orang pisitif, utamanya karyawan yang masih dalam satu lokasi kerja,” tutup Eko.(ari/am)

News Feed