oleh

Program PISEW Berdayakan Ekonomi dan Membuka Lapangan Pekerjaan

Indramayu, (afedeeasi.com) – Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Desa Totoran, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat disambut baik warga setempat. Pasalnya program pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) ini telah membuka lapangan pekerjaan.

Makdori, salah satu tokoh setempat mengaku bersyukur atas digulirkannya program PISEW dan banyak memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.  Program ini bisa membantu kesulitan masyarakat untuk mencari pekerjaan akibat terdampak wabah Covid-19.

“Program ini telah banyak memberi manfaat, disamping jalan desa dicor beton, warga desa kami yang tengah kesulitan ekonomi kini memiliki pekerjaan. Kami berharap program ini ke depan bisa berkelanjutan, khususnya di wilayah Kecamatan Pasekan yang memang masih banyak membutuhkan pembangunan,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Nara Wijaya. Dia merasa bangga dengan kinerja kuwu Caswen yang sejak awal menjabat kuwu telah banyak membawa perubahan untuk Desa Totoran. 

“Sejak dipimpin oleh kuwu Caswen kami rasakan banyak sekali pembangunan yang telah dilakukannya,”katanya.

Menurutnya ruas jalan desa ini sebelumnya rusak parah, tapi saat kuwu Caswen menjabat, sedikit demi sedikit jalan ini mulai dibangun dan sekarang sudah tuntas. Semua jalan dicor beton.

Baca Juga  Penerapan New Normal Perlu Kajian Kembali, Sehari Tambah 27 Kasus Konfirmasi Positif Covid-19

Sementara itu, Kepala Desa (Kuwu) Totoran Caswen melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Warto mengungkapkan, program yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya ini, menurutnya telah memberikan kontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat desanya di tengah pandemi Covid-19. Lantaran, kata Warto, program ini diselenggarakan dalam bentuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat atau skema padat karya.

“Pembangunan jalan (rabat beton) ini cukup banyak menyerap tenaga kerja. Tentunya masyarakat sangat bersyukur dan menyambut baik program ini, karena selain mendapatkan bangunan, juga membuka lapangan kerja bagi mereka,” kata Warto saat ditemui media, Rabu, (9/9/2020).

Selain itu, lanjut Warto, pembangunan jalan rabat beton di blok pancer dengan panjang 300 meter, lebar 3 meter dan tinggi 20 centimeter ini akan memudahkan akses jalan bagi masyarakat ketika mengangkut hasil tambak bagi para petani tambak yang ada di Desa Totoran dan  sekitarnya. Karena jalan ini merupakan akses jalan utama menuju lahan pertanian tambak yang ada di dua desa, yakni Desa Totoran dan Desa Pabean Ilir.

Baca Juga  Ini Alasan Satuan GTPP Covid-19 tak Berlakukan Karantina Wilayah, Pasca Temuan Belasan Warga Satu Desa Positif Covid-19

“Atas nama pemdes dan masyarakat Desa Totoran kami sangat berterima kasih kepada kang Daniel yang peduli terhadap kondisi desa kami, Insya allah masyarakat kami akan selalu mendukung setiap langkah beliau dalam upaya meningkatkan pembangunan di kabupaten Indramayu,” tandasnya. (isk/am)

News Feed