Rabu, 20 Oktober 2021, 21:21 WIB

Pilkades Serentak di Banyuwangi Digelar November 2021

Banyuwangi, (afederasi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menetapkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yaitu pemungutan dan perhitungan suara akan dilakasanakan pada 17 November 2021 mendatang.

Hal ini berdasarkan surat Pemkab Banyuwangi dengan nomor 141/1487/429.013/2021, perihal tindak lanjut pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 tahapan Pilkades di delapan desa antara lain, Desa Buluagung, Desa Kedunggebang, Desa Tegalarum, Desa Gambiran, Desa Sumbersari, Desa Jelun, Desa Licin dan Desa Sumberanyar sudah mulai mempersiapkan untuk melakukan tahapan kelanjutan dalam Pilkades serentak tahun 2021.

“Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak di Banyuwangi, akan dilakukan pada hari Rabu (17/11/2021) mendatang,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi, M Norawi, Rabu (20/10/2021).

Norawi menambahkan, dari delapan desa yang akan melaksanakan Pilkades, ada dua desa yang akan melakukan seleksi tambahan dikarenakan jumlah pendaftaran Bakal calon (Balon) Kades melebihi batas maksimum atau melebihi 5 orang calon. Yaitu Desa Gambiran dan Desa Kedunggebang

“Seleksi tambahan saat ini sudah pada skoring indikator, setelah tahapan tersebut kemudian akan dilakukan tahapan tes tulis untuk menentukan nama-nama calon yang akan mengikutinya,” ungkapnya.

Baca Juga  Jabat Kadis Pengairan Banyuwangi, Guntur Komit Tingkatkan Kinerja

Seleksi ujian tulis, jelas Norawi, akan dilaksanakan pada hari Jumat (22/10/2021), dari hasil ujian tersebut nantinya akan ditentukan siapa saja yang akan mengikuti tahapan selanjutnya dalam Pilkades serentak tahun 2021.

“Maaf untuk tempat kita tidak bisa mengumumkan atau memberitahu. Yang pasti akan dilaksanakan hari Jumat,” jelasnya.

Sementara itu, Panitia Pilkades Desa Gambiran, Sunyoto mengatakan tahapan untuk skoring telah dilakukan, dari 9 Balon Kades yang telah mendaftar sudah dilakukan skoring. Perjalanan dalam skoring berjalan lancar dan kondusif mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan tahapan tersebut.

“Desa Gambiran ada 9 nama pendaftar yang memenuhi persyaratan administrasi. Saat ini kita sudah melakukan skoring, dan alhamdulilah berjalan lancar,” pungkasnya.(ron/dn)

News Feed