oleh

Unjuk Kekompakan, Paguyuban Pencaksilat Dan Muspika Kecamatan Tulungagung Gelar Keja Bakti

Paguyuban pencaksilat bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Tulungagung Kota gelar kerja bakti

Tulungagung, (Afederasi.com) – Meski baru dibentuk, paguyuban pencaksilat bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Tulungagung Kota langsung menunjukan kekompakannya.

Mereka menggelar kerja bakti pada Jumat (08/11/2019) di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung untuk menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Kofifiah Indar Parawansa bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Heru Cahyono. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa paguyuban pencaksilat dan Muspika ini telah menyatu dan sepakat untuk menjaga kamtibmas di Kecamatan Tulungagung.

Berdasarkan pantauan pewarta, kegiatan tersebut diawali dari Mapolsek Tulungagung Kota. Sebelum menuju lokasi, peserta yang terdiri dari anggota Muspika dan anggota paguyuban pencaksilat seperti dari PSHT, Pagar Nusa, Kera Sakti, dan Porsigal melakukan apel bersama serta membaca Asmaul Husna yang dipimpin Kapolsek Tulungagung Kota Kompol Rudi Purwanto.

Setelah mendapat pengarahan, seluruh peserta langsung menuju ke lokasi yang berjarak sekitar dua kilometer dari Mapolsek. Selanjutnya, mereka langsung kompak tanpa sekat untuk kerja bakti di Kelurahan Kutoanyar.

Baca Juga  Empat Pasang Muda Mudi dan Satu Pasangan Sejenis Dijaring Polisi, Ini Penyebabnya

“Kita ingin tunjukkan kepada masyarakat, bahwa kami (paguyuban pencaksilat dan Muspika-red) sepakat untuk turut menjaga situasi kamtibmas,” kata Kapolsek Tulungagung Kota, Kompol Rudi Purwanto.

Rudi melanjutkan, pihaknya juga menyadari bahwa masyarakat saat ini sudah mulai kurang respek dengan hadirnya perguruan pencaksilat. Mengingat, pencaksilat identik dengan perkelahian, pengeroyokan, dan pengrusakan.

“Itu (yang bermasalah-red) hanya sebagian kecil saja, makanya konotasinya harus dirubah. Kita tunjukkan kita bisa kompak,” jelasnya.

Kedepan lanjut Rudi, pihaknya akan terus berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan seluruh anggota paguyuban. Bahkan, pihaknya akan melibatkan anggota paguyuban untuk turut mengamankan setiap ada kegiatan di wilayah Kecamatan Tulungagung.

“Jadi kegiatan ini akan terus berkelanjutan. Seperti jargon kami Tulungagung Astuti,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Rudi, kerjabakti ini juga bertujuan untuk menyambut kedatangan Gubernur Jatim yang akan meninjau ke salah satu rumah warga yang telah mendapatkan fasilitas bedah rumah dari Kodim 0807.

“Rencananya besok beliau (Gubernur-red) akan melaksanakan kunjungan kerja di Tulungagung dan menyempatkan mampir disini,” tukasnya.

Baca Juga  Residivis Ini Nekat Mencuri Ternyata Untuk Bayar Cicilan Sepeda Motor

Sementara itu, ketua paguyuban pencaksilat Kecamatan Tulungagung Mohamad Aden Hanafi mengapresiasi langkah dan upaya polisi dalam merangkul anggota pencaksilat di Tulungagung. Pihaknya berharap, dengan terbentuknya paguyuban ini tidak akan ada lagi kekacauan dan kekisruhan seperti yang terjadi sebelumnya.

“Kita apresiasi langkah positif ini, insyaallah kami akan terus mendukung dan membantu dalam menjaga keamanan,” pungkasnya. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed