oleh

Tidak Spektek, Pemotor Wajib Ganti Onderdil

Trenggalek, (aferderasi.com) – Bagi pengguna jalan yang melintas di wilayah hukum Polres Trenggalek dihimbau untuk memenuhi kelengkapan sepeda motor sesuai dengan spesifikasinya.

Pasalnya jika ketahuan anggota Satlantas setempat, pemotor tersebut diwajibkan mengganti onderdil sepeda motornya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ini merupakan respon cepat dalam menanggapi keluhan warga terkait knalpot brong, ban kecil, dan sebagainya,” kata Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, Kamis (27/8/2020).

Randy mengungkapkan, kegiatan ini juga untuk memberikan efek jera bagi para pelanggar. Selain ditindak tegas berupa sanksi tilang, mereka diharuskan mengganti semua onderdil standar dan sesuai spektek yang ditetapkan di Mapolres Trenggalek.

“Selama beberapa pekan terakhir, pihaknya telah menindak tegas puluhan sepeda motor yang menggunakan knalpot brong, ban ukuran kecil dan pelanggar lain terkait spektek kendaraan,” imbuhnya.

Sebagai sanksi para pelanggar lanjut Randy, sebelum mengambil kendaraan mereka wajib mengganti semua onderdil yang tidak sesuai spektek dengan standar kendaraan masing-masing.

Disampaikan AKP Randy, tindakan tegas tersebut sangat penting dalam rangka menjamin keselamatan serta kenyamanan masyarakat dan pengguna jalan.

Baca Juga  Kapolres : Tindak Tegas Anggota yang Tidak Netral

“Karena merubah spektek sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Ditambahkan AKP Randy, penindakan tegas terhadap knalpot brong akan menjadi prioritas utama. Dan kegiatan berupa razia serta hunting system juga akan terus digalakkan. Guna menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Jadikan tertib lalu lintas sebagai budaya. Bukan untuk siapa-siapa tapi untuk keamanan dan keselamatan kita bersama,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed