oleh

Temui Ketua MUI, Ini yang Dilakukan Tiga Pilar

Lamongan, (afederasi.com) – Bupati Lamongan, Kapolres, dan Dandim 0812 menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Selasa (19/5/2020) siang. Kedatangan tiga pilar ini untuk mensosialisasikan keputusan Forkopimda Jawa Timur terkait larangan takbir keliling dan Sholat Idul Fitri selama pandemi covid-19.

“Kami ingin mengajak Ketua MUI untuk turut serta mengawal keputusan bersama itu demi keselamatan masyarakat selama menghadapi pandemi covid-19,” kata Bupati Lamongan Fadeli.

Fadeli mengungkapkan, Forkopimda Jawa Timur telah menginstruksikan tentang pelarangan pelaksanaan Sholat Idul Fitri bagi wilayah yang zona merah dan intruksi tidak ada takbir keliling. Menurutnya, hal inisebagai salah satu upaya mencegah enyebaran Covid-19 di masing-masing kabuaten/kota termasuk di Lamongan.

Sementara itu, Ketua MUI Lamongan KH Abdul Aziz Khoiri mengaku sudah memberikan himbauan kepada seluruh pengurus masjid dan masyarakat umum tentang pelaksanaan Sholat Idul Fitri agar sesuai dengan protekoler kesehatan. Seperti, menjaga jarak, memakai masker dan memakai sajadah pribadi.

“Sudah kami sampaikan, alhamdulilah responnya baik. Seluruh pengurus masjid juga sudah menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Baca Juga  Pesanan Wastafel Meningkat 70 Persen, Dampak wabah Covid-19

Selain itu lanjut Aziz Khoiri, pihaknya juga sudah menyampaikan agar tahun ini kegiatan takbir keliling ditiadakan. Takbir bisa dilaksanakan didalam masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Jika ada jamaah yang ke masjid tanpa memakai masker, pengurus masjid juga menghimbaunya untuk pulang,” ujarnya. (ra/yp).

News Feed