oleh

Tekan Angka Kecelakaan Usia Remaja, Polisi Gandeng Karang Taruna Bersosialisasi

Situbondo, (afederasi.com) – Upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas utamanya yang melibatkan anak remaja, di wilayah hukum Polres Situbondo, Jawa Timur.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggandeng Karang taruna, untuk ikut membantu mensosialisasikan keselamatan berkendara, termasuk patuh protokol kesehatan (Prokes) ditengah pandemi Covid-19.

“Setiap hari masih banyak orang yang mengabaikan keselamatan dalam berkendara. Misalnya tidak menggunakan helm, melanggar rambu lalu lintas, berkendara sambil menggunakan gawai, berboncengan motor lebih dari dua orang, dan banyak pelanggaran lain. Itu semua harus terus kami perangi,” terang Kasat Lantas, AKP Anindita Harcahyaningdyah, usai acara sosialisasi di Desa/ Kecamatan Jatibangeng, Rabu (7/4/2021).

Masih menurut Kasat Lantas, Pendidikan masyarakat (Dikmas) Lalu lintas (Lantas), sengaja mengandeng kaum milenial, salah satunya pemuda karang taruna, karena berharap hasil dari sosialisasi yang diberikan terkait tertib berlalu lintas, dan protokol kesehatan dapat disebarluaskan kepada masyarakat lainnya.

Alasan lainnya adalah, anak remaja ternyata mendominasi tingginya pelanggaran, dan paling mengabaikan keselamatan berlalulintas.

Kondisi itu dapat menunjukkan, bahwa anak remaja lebih berpotensi mengalami kecelakaan lalu lintas, sebagai akibat terlalu abai menerapkan keselamatan berkendara.

Baca Juga  Rencana Rekayasa Lalin Masih Tahap Survey

Selain melakukan sosialisasi keselamatan berkendara dan prokes, kegiatan yang dilaksanakan Unit Dikayasa ini, juga menggelar kuis yang berhadiah sarana kontak berupa helm, tas, jas hujan dan masker kepada para pemuda yang aktif, dengan syarat bisa menjawab pertanyaan seputar lalu lintas.(fin/dn)

News Feed