oleh

Smart SIM Sudah Bisa Dimiliki Warga Kota Marmer, Ini Bentuknya

Baur SIM, Satlantas Polres Tulungagung, Jawa Tiimur, Bripka Much Miftahurrohman menunjukkan Smart SIM yang sudah bisa dicetak, pasca diresmikan oleh Korlantas pada 22 September

Tulungagung, (Afederasi.com) – Keinginan warga masyarakat Kabupaten Tulungagung untuk memiliki surat ijin mengemudi (SIM) yang baru bakal segera terwujud. Pasalnya, Satuan penyelenggara administrasi (Satpas) SIM, Satlantas Polres Tulungagung, Jawa Timur, saat ini sudah mulai mencetak Smart SIM, yang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Marmer, Senin (23/09/2019).

Pencetakan Smart SIM ini mulai diberlakukan seusai diluncurkan secara resmi oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) pada Minggu (22/09/2019) atau pada hari ulang tahun (HUT) Lantas ke-64 tahun.

“Seusai Korlantas meluncurkan Smart SIM, kita sudah mulai proses cetak secara bertahap,” ungkap Baur SIM, Bripka Much Miftahurrohman, Senin (23/09/2019).

Miftah menjelaskan, Smart SIM ini merupakan terobosan baru yang dibuat kepolisian dengan mengubah desain dan menambah fungsi dari SIM. SIM jenis baru ini sudah mulai dipromosikan sejak Agustus 2019.

“Keunggulan dari Smart SIM ini diantaranya dapat menyimpan data forensik kepolisian, seperti halnya terkait pelanggaran lalu lintas, dan data laka lantas,” katanya.

Baca Juga  Mundur Alon-Alon, Truk Fuso Tubruk Rumah Warga

Lebih lanjut, Miftah menuturkan fungsi baru Smart SIM ini salah satunya dapat menjadi uang elektronik dalam pembayaran tol, parkir, hingga naik kereta. Saldo uang elektronik Smart SIM maksimal Rp2 juta. “Nanti kedepannya dapat digunakan untuk pembayaran tol,” jelasnya.

Perbedaan SIM baru dengan yang lama, yaitu untuk SIM yang baru ini bentuk tampilannya sudah berbeda, untuk tingkat keamanannya lebih aman SIM baru. Karena tidak mudah untuk dipalsukan. “Kalau tanda tangan pada SIM masih ada, sedangkan sidik jari langsung tersimpan pada server,” paparnya.

Disamping itu juga, bagi pemohon SIM baru maupun perpanjangan dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi SIM online atau yang dikenal dengan SIM Ceria. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan SIM. Tahap pendaftaran dan mengisi formulir bisa dilakukan dimana pun tanpa mengantre melalui situs SIM online.

“Selain pendaftaran baru, registrasi online ini juga berlaku buat perpanjangan SIM,” ujarnya.

Miftah menambahkan, saat ini Satpas SIM Polres Tulungagung memiliki tunggakan SIM yang belum tercetak selama tiga bulan ini kurang lebih sekitar 6 ribu keeping. Secara bertahap, SIM sudah mulai dicetak dengan target selesai hingga akhir bulan Oktober.

Baca Juga  Polres Tulungagung Luncurkan Aplikasi Panic Button Jogo Tulungagung Astuti

“Melihat tunggakan SIM yang belum tercetak cukup banyak, kita nanti akan memberlakukan inovasi delivery SIM ke rumah – rumah pemohon,” pungkasnya. (an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed