Rabu, 13 Oktober 2021, 17:31 WIB

Puluhan PKL Gumul Datangi Pemkab Kediri, Ini Tuntutan Mereka

Kediri, (afederasi.com) – Puluhan PKL (pedagang kaki lima) yang biasa berjualan di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) mendatangi gedung Pemerintah Kabupaten Kediri, Rabu (13/10/2021) siang. Kedatangan mereka sebagai bentuk tuntutan terhadap pemerintah agar kawasan SLG segera dibuka kembali untuk masyarakat.

Salah satu perwakilan PKL, Lukman Hakim mengungkapkan jika kawasan SLG merupakan mata pencarian dari banyak PKL. Terlebih telah dua tahun kawasan SLG telah ditutup.

“Tujuan kita hanya bisa berjualan lagi itu saja,” ujarnya.

Lukman juga menyebut jika pihaknya sudah lama menunggu area SLG segera dibuka kembali. Pihaknya berdalih jika itu sejalan dengan pelonggaran beberapa sektor pariwisata yang telah dibuka oleh pemerintah daerah.

“Sudah lama Gumul di tutup, kita punya anak, punya utang, biar sama sama jalan semuanya, jiwa kami bukan pengemis yang pingin di kasihani,” terangnya.

Menanggapi adanya keluhan itu, Mamiek Amiyati selaku Asisten Administrasi Umun Pemkab Kediri mengatakan SLG akan tetap dibuka namun harus dengan pertimbangan berbagai pihak.

“Kami bersama dengan instansi terkait akan segera melalukan kajian untuk kembali membuka kawasan SLG,” terangnya.

Baca Juga  Aksi Bakar Rombong warnai Demonstrasi PKL di Kantor Pemkab Kediri

Menurut Mamiek masih belum dibukanya kawasan SLG ini dengan pertimbangan SLG memiliki banyak akses pintu masuk. Hal itu yang membuat sulit dalam deteksi seseorang apakah telah divaksin atau belum.

Mamiek menambahkan, saat ini jumlah pedagang di SLG mencapai 500 pedagang. Sehingga perlu penataan matang agar tidak terjadi cluster baru.

“Berbeda dengan Mall atau kawasan wisata yang pintu masuknya bisa diawasi, sehingga pemkab harus melalukan penataan terlebih dahulu,” paparnya.

Selain Mamiek, turut hadir dalam diskusi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, Anggota Polres Kediri, Plt Kabag Perekonomian Evi, Kasatpol PP, Kadis Perhubungan dan, Kapolsek Ngasem.

Sekedar diketahui, sebelum adanya diskusi ini, tersiar kabar bahwa pada Kamis (14/10/2021) akan ada demo dari para pedagang di kawasan SLG yang meminta agar SLG di buka kembali.(sya/dn)

News Feed