oleh

Polisi Ringkus Komplotan ABG Perampas Motor

Pelaku perampas motor ketika diinterogasi oleh petugas

Surabaya, (afederasi.com) – Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya berhasil meringkus tiga dari tuju pelaku perampasan motor di wilayah hukumnya. Mereka merampas motor milik CRH (17) warga Jalan Demak Timur, Surabaya ketika korban berada di depan sebuah gudang masuk Jalan Kalianak Madya IV Surabaya. Jumat (25/10/2019) lalu sekira pukul 23. 00 WIB.

Adapun ketiga pelaku yang ditangkap diantaranya, DWR (17), dan GS alias Endok (18), keduanya berasal dari Tambak Asri Dahlia. Sedangkan MR alias Mat (19) berasal dari Tambak Asri Teratai Surabaya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan, penangkapan itu merupakan hasil pengembangan dari laporan yang diterima Polisi terkait adanya aksi perampasan sepeda motor yang terjadi pada (25/10/2019). Dan ketiga pelaku itu ditangkap di lokasi berbeda.

“Pelaku sudah kita tangkap tiga orang, empat masih daftar pencarian orang (DPO),” kata Antonius Agus Rahmanto, Selasa (19/11/2019).

Dari kelompok ini, polisi juga mengamankan barang bukti diantaranya, satu bilah pisau memiliki panjang 30 centi, satu unit sepeda motor Honda Beat Nopol L 5931 YP, satu buah HP merk Advance, satu buah jaket warna merah Davino dan satu buah jaket warna hitam.

Baca Juga  Jambret Asal Bangkalan Dibekuk Polisi

Dalam melancarkan aksinya itu, pelaku DWR memanfaatkan media sosial untuk mencari calon korban. Sebelumnya, pelaku ini lebih dulu membuat akun palsu dengan nama Devina beserta fotonya.

“Akun palsu itulah yang dibuat bertransaksi dengan korban dan memperdayainya untuk diajak ketemuan,” ungkap AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Dengan akun palsu itu, pelaku menawarkan jaket kepada korban. Selanjutnya korban diajaklah oleh pelaku DWR ke daerah Jalan Kalianak Madya 4 Surabaya dan di tempat sepi tersebut sudah ada enam orang pelaku lainnya.

“Ketuju orang pelaku adalah, GS (tertangkap), MR ( tertangkap) YP, DO, RG, AJ (DPO). Mereka semuanya adalah temannya DWR yang sudah menunggu dengan menaiki tigabunit sepeda motor,” tambah Agus Rahmanto.

Mereka membagi tugasnya dalam melakukan aksi tersebut, salah satu pelaku menodongkan pisau dan ada yang memegang korban dan lainnya berjaga-jaga. Setelah berhasil mengambil sepeda motor kemudian pelaku langsung bertemu dengan PK di daerah Jalan Tambak Asri.

Mereka secara bersama-sama membawa motor rampasan itu ke daerah Madura untuk dijual dengan harga Rp.3 juta.

Baca Juga  Dua Pelaku Jambret Ditangkap Warga, Sempat Jadi Amukan Massa

“Dan hasil penjualan motor mereka bagi. Masing-masing pelakunya, ada yang dapat Rp. 500.000 , Rp 300.000 dan Rp. 200.000,” paparnya.

Untuk saat ini ketiga pelaku yang berhasil ditangkap, harus mempertanggung jawabkan perbuatannya. Sedangkan, keempat pelaku saat ini masih dalam pengejaran oleh petugas.

“Pelaku bakal dijerat dengan pasal 365 KUHP, tindak pidana pencurian dengan kekerasan, diancam hukuman diatas lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (al/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed