oleh

Persiapan Stadion GBT Surabaya Sambut Piala Dunia 2021, Kini Capai 65 Persen

Surabaya, (afederasi.com) – Persiapan stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang dilakasanakan Pemerintah Kota Surabaya dalam menyambut piala dunia 2021 telah mencapai angka 60-65 persen pada September mendatang.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Krestian, yang menuturkan bahwa saat ini tengah dilakukan pengerjaan rumput.

“Untuk pengerjaan rumput ini, kita jadwalkan pada bulan ini sudah mulai pengupasan rumput untuk kita gantikan rumput yang baru, karena memang pengerjaan besarnya disitu,” ungkap Iman saat diwawancarai reporter afederasi.com di kantornya, Selasa (4/7/2020).

Selain itu, lanjut Iman, untuk lampu sudah dalam tahap pemasangan seluruhnya dari yang awalnya 1.200 volt menjadi 2.400 volt, sedangkan untuk AC dan penggantian lift saat ini sedang proses ordering. Selanjutnya pagar di GBT sendiri telah dilakukan pemasangan pondasi keseluruhan.

“Rencananya di minggu ini, dari pihak PSSI akan datang untuk memeriksa GBT. Disitu kita akan kasi asistensi juga ke PSSI, kebetulan mereka sudah kasih checklist fasilitas apa saja yang harus disiapkan untuk venue utama di GBT,” ujarnya.

Baca Juga  Risma: Pengerjaan Stadion GBT Telah Memenuhi Standar FIFA

Iman mengungkapkan, apabila membaca checklist dari PSSI, pihak Pemkot sendiri telah memenuhi seluruhnya, namun kita juga harus berkoordinasi apakah fasilitas tersebut memang yang diinginkan PSSI sebelum melangkah lebih jauh.

Dari checklist tersebut, Iman menjelaskan bahwa Pemkot telah memetakan semua, namun tetap harus dipastikan bersama pihak PSSI.

Menurutnya, untuk single seat sendiri, kini Pemkot sudah dalam proses pengecatan tribun dan mencapai 3/4 dari keseluruhan tribun, serta membutuhkan 2 minggu lagi untuk penyelesaian proses cat. Dalam pertengahan Agustus ini, ia menyebut kursi yang dipesan sudah mulai datang dan dilakukan pemasangan.

“Untuk target keseluruhan selesainya tetap pada rencana awal, yakni Desember 2020. Tapi nantinya untuk piala dunia kan bulan Maret – April,” kata Iman.

Dirinya menyebutkan, bahwa  Ibu Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini juga sedang mengajukan permohonan bantuan ke Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penyiapan semua infrastruktur.

“Jadi nantinya kalau sudah oke dan di approve oleh pemerintah pusat, kita akan bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk mempercepat penyelesaian,” ucapnya.

Baca Juga  Pemotongan Rumput Stadion GBT Surabaya dimulai, Jelang Piala Dunia 2021

Untuk nilai bantuan yang diajukan yakni sebesar 100-200 miliar rupiah. Hal ini lantaran acara sekelas piala dunia membutuhkan effort yang lebih tinggi. Untuk alokasi dana pada GBT sendiri adalah 40 miliar, kemudian persiapan 2 lapangan khusus latihan, yakni Gelora Sepuluh Nopember dan lapangan Thor memakan biaya sekitar 50 miliar.

“Di gelora 10 Nopember sudah ada 8 miliar, kemudian di lapangan Thor alokasi nantinya sekitar 12 miliar. Nah untuk lapangan Thor ini kan masih dipakai atletik, nah untuk lapangan rumputnya nanti bisa difungsikan untuk lapangan bola, dan yang disebelahnya tetap lintasan lari,” tutup Iman. (dwd/an)

News Feed