oleh

Peringati Hari Pramuka, Bupati Resmikan Gugus Depan Tangguh tingkat SD Sederajat

Trenggalek, (afederasi.com) – Sebanyak 10 Gugus Depan Tangguh tingkat sekolah dasar (SD) sederajat, diresmikan Bupati Trenggalek dalam pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020.

Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti Gugus Depan Tangguh.

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mengatakan, pada zaman era modern terlebih era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini pramuka harus tetap eksis.

“Tujuannya agar semua generasi muda yang terlibat pramuka, kedepan akan tumbuh menjadi tokoh besar, tumbuh menjadi orang-orang yang akan memajukan Indonesia,” ungkapnya, Sabtu (15/8/2020).

Disampaikan Arifin, jika diluar negeri ada yang namanya wajib militer yang menjadi tempat memupuk semangat nasionalisme dan mempersiapkan generasi untuk mempertahankan kedaulatan suatu negara.

Namun di Indonesia tidak ada wajib militer, akan tetapi dengan adanya pramuka ini semua anak bangsa menjadi yakin dan percaya bisa mempunyai kontribusi.

“Tentunya kontribusi dalam mempertahankan setiap jengkal kedaulatan NKRI dan mewujudkan kemajuan Indonesia,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Arifin, Pemkab Trenggalek melalui Dinas Pendidikan telah melakukan terobosan inovatif menyikapi SKB 4 Menteri yang menyatakan bahwa, kabupaten dengan zona hijau yang tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 boleh mengadakan tatap muka namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca Juga  Sistem Pembelajaran Mix Learning di Trenggalek, Resmi Dimulai

“Sehingga pemerintah mengidentifikasi secara angka akumulatif dengan tidak ditemukannya penambahan pasien positif di beberapa kecamatan,” imbuhnya.

Dengan kata lain, tambahnya, kecamatan yang sudah masuk ke dalam hijau akan dimulai proses pendidikan tatap muka. Seperti tingkat SLTP maupun Tsanawiyah untuk bisa menggelar pembelajaran tatap muka dengan metode mix learning.

Perlu diketahui, 10 Gugus Depan Tangguh yang diresmikan diantaranya, SDN 1 Karanganyar, SDN 2 Surodakan, SDN 3 Karangsoko, MIN 1 Trenggalek, MIN 2 Trenggalek, MI Senden, SDN 1 Kedunglurah, SDN 2 Sengon, SDN 1 Karangan, dan SDIT Nurul Fikri Gandusari. (pb/dn)

News Feed