oleh

Pentas Seni di Alun-alun Resmi Tidak Direkomendasikan, Ini Alternatifnya

Surabaya (afederasi.com) – Pentas Seni di Kota Pahlawan yang dimotori oleh pegiat seni akhirnya resmi tidak lagi direkomendasikan. Keputusan ini diambil usai pakar kesehatan, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya menggelar rapat di ruang Sekretariat Daerah Pemkot Surabaya.

Namun untuk tetap menghidupkan para pegiat seni, Pemkot Surabaya juga sudah menyiapkan beberapa alternatif lain.

“Untuk menggelar perform di tempat terbuka dan fasilitas umum untuk sementara tidak direkomendasikan. Karena itu pasti akan menjadi tontonan dan akan menimbulkan kerumunan,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Surabaya Irvan Widyanto kepada afederasi.com Rabu (26/8/2020).

Irvan mengungkapkan, saat terjadi kerumunan maka tidak ada jaminan massa bisa dikendalikan atau tidak. Mengacu pada pengalaman beberapa waktu lalu, saat pagelaran seni ternyata menyebabkan gerombolan.

Irvan melanjutkan, meski pertunjukan seni tidak lagi direkomendasikan, Namun pihaknya telah menyiapkan skema alternatif lain. Tujuannya, agar para seniman tetap bisa menampilkan bakatnya, sekaligus bekerja dan mendapatkan honor dari Pemkot Surabaya.

“Format lainnya masih akan dibahas, termasuk saran dari Sekretaris Gugus Tugas seperti melakukan pertunjukkan namun dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Baca Juga  Ketua LBH Surabaya Pertanyakan Dasar Hukum Perwali Nomor 33 Tahun 2020

Masih menurut Irvan, nantinya pertunjukan tidak harus selalu di Alun-Alun. Melainkan bisa saja ditampilkan di Taman Remaja, atau bahkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

“Yang penting seniman bisa tampil, karyanya bisa dilihat orang lain meskipun dilakukan secara daring,” ujarnya.

Untuk meningkatkan daya tarik penampilan seni ini lanjut Irvan, pihaknya juga akan dan melibatkan praktisi media kreatif seperti televisi dan media lain. Selain itu, saat pagelaran juga tidak perlu mengacu tempat dan waktu.

“Tidak harus sore atau malam. Pagi pun juga bisa, yang penting bisa menampilkan bakatnya,” kata Irvan. (dwd/yp)

News Feed