oleh

Pendaftaran Poltekip Tahun 2021 Sudah Dibuka

Banyuwangi, (afederasi.com) – Pendidikan sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dibawah naungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham) membuka pendaftaran tahun 2021 yang dimulai pada 9-30 April 2021.

Pendaftaran dibuka bagi putra putri terbaik lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat untuk menjadi taruna taruni dibidang ilmu pemasyarakatan yang mempunyai kompetensi dan kualifikasi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Banyuwangi, Wahyu Indarto mengatakan, untuk putra putri lulusan SLTA/sederajat yang ingin meneruskan pendidikan keperguruan tinggi kedinasan Poltekip, pendaftaran bagi calon taruna taruni tahun anggaran 2021 sudah dibuka. Untuk info selengkapnya bisa mengakses website http://catar.kemenkumham.go.id

“Putra Putri terbaik Banyuwangi, yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi kedinasan dengan biaya gratis selama menjalani pendidikan, silahkan dibaca seksama dan dipahami persyaratan dan tata cara yang tertera dalam laman tersebut,” kata Wahyu sapaan akrap Kalapas Banyuwangi, Rabu (7/4/2021).

Wahyu menjelaskan, Berdasarkan pengumuman Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/301/M.SM.01.00/2021.

Tata cara pendaftaran putra putri lulusan SLTA/ sederajat bisa mengaksesnya secara online, untuk jadwal pendaftaran online dan unggah dokumen persyaratan di mulai tanggal 9 -30 April 2021.

Baca Juga  Sertijab Kalapas Kelas IIA Banyuwangi digelar Secara Tertutup

Kemudian setelah proses tersebut, bila dinyatakan lolos baru mengikuti tahap tahap seleksi selanjutnya hingga pengumuman kelulusan akhir sekitar bulan Oktober 2021.

“Selama mengikuti seleksi semua peserta tidak dipungut biaya. Bahkan selama proses seleksi hingga pengumuman kelulusan semua bisa mengakses dan ini terbuka untuk umum,” ungkap Wahyu yang merupakan lulusan Poltekip angkatan 34.

Komitmen sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), tambah dia, tahun ini Kemenkumham membuka kuota sebanyak 600 taruna/taruni untuk formasi umum dengan rincian Poltekip 300 kursi ditambah dengan Politeknik Imigrasi (Poltekim) 300 kursi. Ditambah kuota formasi Pegawai Sekolah Kedinasan 50 taruna/taruni.

“Seleksi ketat setiap calon taruna/taruni terbaik untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia bidang pemasyrakatan,” jelasnya.

Sementara itu salah satu taruna Poltekip angkatan 54 asal Kabupaten Banyuwangi, Feni Adi Saputra membagikan pengalaman bagi teman teman yang ingin mendaftar sebagai taruna taruni bahwa selama mengikuti seleksi harus fokus pada tujuan. Berdoa dan belajar adalah kunci penting untuk bisa diterima.

Baca Juga  Sertijab Kalapas Kelas IIA Banyuwangi digelar Secara Tertutup

“Pengalaman saya dulu, sistem seleksinya menggunakan sistem gugur, jadi bila tahap seleksi awal gagal maka tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, Poltekip merupakan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis pemasyarakatan dengan program kuliah selama empat tahun setara dengan Strata 1 (S-1).

Lulusan dari Poltekip langsung menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Kemenkumham pada Direktorat Jendral Pemasyarakatan. Yang akan ditempatkan dalam jabatan penelaah status warga binaan pemasyarakatan atau analis pemasyrakatan. (ron/dn)

News Feed