oleh

Pencuri Spesialis Pencongkel Jendela Dibekuk Polisi

Ilustrasi aksi pencuri congkel jendela

Tulungagung, (afederasi.com) – Usai sudah petualangan ST (35) warga Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung dalam menyembunyikan diri. Setelah beberapa kali berhasil mencuri dengan modus mencongkel jendela rumah korbannya, pria yang kesehariannya sebagai buruh serabutan tersebut akhirnya berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Tulungagung Kota pada Selasa (19/11/2019).

Pasalnya, Ia diduga mencuri sejumlah uang milik tetangganya Marngalim (47) yang saat itu ditinggal penghuninya menghadiri pengajian di kelurahan setempat.

Dari tangan tersangka, polisi menyita sebuah obeng berukuran sedang yang digunakan tersangka, dan sisa uang hasil pencurian sebesar Rp 2.134.000.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia melalui Paur Humas Ipda Anwari mengatakan, tersangka berhasil diamankan di sebuah warung kopi (warkop) kelurahan setempat. Awalnya, ia sempat mengelak semua tuduhan petugas. Namun karena petugas bisa menunjukkan hasil penyelidikan yang mengarah kepadanya, akhirnya tersangka mengakui perbuatannya.

“Tersangka juga menunjukkan uang hasil curian di rumahnya sebesar Rp 2.134.000,” katanya.

Anwari melanjutkan, setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan ternyata pencurian ini bukanlah yang pertama dilakukannya. Melainkan sudah lebih dari tiga kali di wilayah hukum Polres Tulungagung. Modusnya hampir sama, masuk ke dalam rumah korbannya dengan cara mencongkel jendela.

Baca Juga  Congkel Jok Motor di Halaman Masjid, Pria ini Berurusan Dengan Polisi

“Yang diambil beragam, besaran uang mulai Rp.700 ribu hingga Rp.5 juta,” imbuhnya.

Masih menurut Anwari, saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Petugas juga masih berupaya untuk mengembangkan kasus tersebut untuk memastikan tersangka pernah beraksi di mana saja.

“Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun pewarta, pencurian tersebut terjadi pada Minggu (17/11/2019) malam. Saat itu di Kelurahan Panggungrejo menggelar acara pengajian.

Praktis warga sekitar termasuk korban juga turut mengikuti pengajian itu. Momen itulah yang ternyata dimanfaatkan oleh tersangka. Setelah memastikan rumah korban kosong dan situasi aman, tersangka berjalan kaki menuju ke sasaran dan mencongkel jendela rumah korban untuk mengambil uang sebesar Rp 3 juta.

Sepandai-pandainya tupai melompat namun jatuh juga. Saat tersangka menjalankan aksinya, ternyata ada salah satu warga yang mengetahuinya yang akhirnya tersangka berhasil diamankan. (ra/an)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed