oleh

Pencuri Lintas Kota Digulung, Nyaru Sebagai Pengamen Ketika Beraksi

Pelaku JP beserta barang bukti hasil kejahatannya, ketika diamankan di Mapolsek Tulungagung Kota

Tulungagung, (Afederasi.com) – Kepolisian Sektor (Polsek) Tulungagung Kota,  berhasil mengungkap pelaku spesialis pencurian ditiga kabupaten yakni Tulungagung, Blitar, dan Ponorogo pada Kamis (26/09/2019) pagi. Modus pelaku ketika melakukan aksinya, dengan cara menyaru sebagai pengamen.

Pelaku diidentifikasi bernama JP (31)  warga Kelurahan Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo. Saat ini kasus tersebut masih didalami Unit Reskrim Polsek Tulungagung Kota.

Kapolsek Tulungagung Kota Kompol Rudi Purwanto melalui Kanit Reskrim Iptu Haryono mengatakan, terungkapnya kasus tersebut bermula dari laporan salah satu korban yakni Musiyah (55) warga Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru.

Dalam laporannya, korban mengaku beberapa slop rokok berbagai merk yang berada di dalam warungnya di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung telah hilang pada Selasa (17/09/2019) yang lalu.

“Berbekal laporan tersebut petugas langsung melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi,” katanya.

Setelah hampir sepekan melakukan penyelidikan lanjut Haryono, petugas mendapat informasi jika di Pasar Ngemplak kerap ada orang yang menjual rokok eceran dengan cara ditawar-tawarkan. Dari situ petugas langsung mengumpulkan bahan keterangan.

Baca Juga  Gadaikan Mobil Rental Rp 30 Juta, Penyewa Masuk Bui

Hasilnya, diketahui bahwa yang menjual rokok tersebut adalah JP bersama istrinya.

“Dugaan semakin menguat setelah keberadaan JP dan istrinya sudah tidak diketahui beberapa hari terakhir. Informasinya, keduanya menuju ke Trenggalek,” imbuhnya.

Haryono melanjutkan, dari petunjuk tersebut petugas langsung menelusuri jejak pelaku. Bahkan, setiap musola, masjid, pasar, dan pom bensin juga diperiksa. Kerja keras petugas ternyata berbuah hasil. Menurut informasi salah satu penjual warkop, pelaku baru saja minum kopi di warungnya

 Tak mau kehilangan momentum petugas langsung melakukan penyisiran, akhirnya pelaku berhasil ditemukan di depan pom bensin Desa Nglongsor Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek pada Kamis (26/09/2019) pagi.

Pelaku tidak bisa mengelak lantaran petugas menemukan barang bukti berupa sisa rokok hasil curian dan beberapa alat seperti tang, dan obeng.

“Untuk keperluan pemeriksaan, pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Tulungagung Kota,” katanya.

Kepada petugas, pelaku mengaku sudah beberapa kali melakukan pencurian. Bahkan, tidak hanya di Tulungagung saja, melainkan di Kabupaten Blitar sebanyak 2 TKP kasus curanmor, dan di Kabupaten Ponorogo kasus curanmor sekali.

Baca Juga  Pekerjakan Anak Dibawah Umur, Pengelola Warkop-Karaoke Berurusan Dengan Polisi

Adapun modus yang dilakukan, pelaku selalu beraksi di malam hari. Saat para korbannya lengah, ia baru menjalankan aksinya. Untuk menghindari kecurigaan orang, ia menyaru sebagai pengamen.

“Biasanya setelah berhasil melakukan pencurian, pelaku langsung pulang ke daerah asalnya,” terangnya.

Haryono menambahkan, kini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Petugas juga masih mengembangkan kasus tersebut untuk memastikan apakah ia pernah melakukan tindak pidana di lokasi lain atau apakah ada yang membantu menjalankan aksinya.

“Atas perbuatannya, pelaku bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya. (ra/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed