oleh

Pemprov Jatim Pantau Kasus Pemblokiran Pupuk Subsidi di Tulungagung

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak (foto : istimewa)

Tulungagung, (Afederasi.com) – Kasus adanya pemblokiran distribusi pupuk bersubsidi se-Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung rupanya menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Wakil Gubernur meminta Dinas Pertanian Jatim ikut memantau dan membantu komunikasi sehingga persoalan segera menemukan solusi.

“Saya minta kepada Dinas Pertanian Jatim untuk terus memantau, seperti apa progres penanganannya, serta komunikasi apa yang harus segera kami lakukan ke Kementerian Pertanian,” kata Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, Senin (23/09/2019).

Emil mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berupaya menghubungi Kepala BPN Jatim terkait persoalan yang terjadi di Tulungagung tersebut. Rencananya, tim gabungan dari beberapa instansi terkait akan melakukan rapat koordinasi pada hari ini di kantor Setda Pemkab Tulungagung, guna encocokkan data, sekaligus mencari solusi atas pemblokiran pupuk subsidi di Kecamatan Tanggunggunung.

“Intinya akan dicari solusi terbaik, karena dari 8.000 ribuan hektare, yang bermasalah hanya 375 hektare. Makanya akan di-push juga, kemudian BPN juga siap memberikan datanya sehingga yang di atas lebih tepat datanya,” ujarnya.

Baca Juga  Blokir Pupuk Belum Bisa Dibuka, Ini Penjelasan Disperta

Dengan dilakukannya rapat kordinasi tersebut, diharapkan akan menghasilkan solusi yang tepat dan pemblokiran pupuk se-Kecamatan Tanggunggunung bisa dibuka. Hal ini dinilai sangat penting, sebab sebentar lagi 6.000 petani yang mengelola kawasan pertanian tadah hujan akan  memasuki masa tanam.

“Kami pantau terus,” tegasnya.

Sekedar diketahui, pemblokiran distribusi pupuk bersubsidi di seluruh Kecamatan Tanggunggunung oleh Kementerian Pertanian terjadi sejak Juni lalu, lantaran 375 hektare lahan dinilai bermasalah dan tidak memiliki data luas baku yang jelas.

Pemblokiran ini dilakukan serentak di 40 kabupaten se-Indonesia. Akibat kasus ini 6.000 lebih petani di Kecamatan Tanggunggunung terancam tidak bisa bercocok tanam, sebab pemblokiran tidak hanya terjadi di lahan yang bermasalah namun di seluruh Kecamatan Tanggunggunung. (an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed