oleh

Pemkab Kediri Lakukan Gerakan Serentak Basmi Hama Tikus

Salah satu petani tengah sibuk memasang perangkap tikus (ist)

Kediri, (afederasi.com) – Pemkab Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mealakukan gerakan serentak basmi hama tikus. Pemberantasan dan penanganan hama tersebut dilakukan bersama petani Kabupaten Kediri.

Hal ini dilakukan, karena petani semakin dipusingkan dengan adanya serangan hama tikus. Sebab, pada tahun ini tingkat serangannya lebih besar. Aksi ini dilaksanakan di 25 kecamatan dengan menyasar di 33 desa dengan melibatkan 35 gapoktan.

Tri Retnani Yeni Astutik, Kepala Bidang Pangan Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mengatakan, pemberantasan hama tikus tidak bisa dilakukan hanya sekali saja, melainkan harus berkelanjutan.

“Ketika melakukan pengobatan hari ini, tidak semua spesies tidak semua tercover mati. Yang tidak mati itu akan berkembang biak. Sehingga penanganan pemberantasan hama tikus dibutukan waktu berkelanjutan. Terus menerus sampai populasi berkurang. Sampai dengan habis,” katanya, Kamis (13/02/2020).

Yeni mengaku hingga sampai sekarang pihaknya masih menerima banyak laporan terkait serangan hama tikus. Serangan hama tikus tidak hanya menyasar di wilayah Kabupaten Kediri saja melainkan juga merata di daerah Jawa Timur lainya.

Baca Juga  Bupati Kediri Berikan Pembinaan Mental ASN, ini Pesan Bupati

Dinas terkait juga sudah memberikan sosialiasasi tata cara penanganan hama tikus sekaligus pemberian bantuan obat dan peralatan perangkap tikus. (adv/kominfo)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

News Feed