oleh

Pemkab Cairkan Anggaran Rp47,3 Miliar, Untuk Pembayaran THR ASN Tahun 2021

Tulungagung, (afederasi.com) – Angin segar nampaknya berhembus bagi seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. Pasalnya, anggaran sebesar Rp47,3 miliar yang telah disiapkan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2021 segera cair pada 7 Mei mendatang.

Kasubid Pengelolaan Kas Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD), Ririn Dyah Ratnasari mengatakan, Tunjangan Hari Raya (THR) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan dibayarkan pada tanggal 7 Mei 2021, sebesar gaji yang diterima pada Bulan April.

“Mekanismenya sama seperti gaji di bulan April. Rencananya paling cepat dalam minggu ini cair sekitar tanggal 7,” katanya saat dikonfirmasi afederasi.com, Senin, (3/5/2021).

Ririn mengungkapkan, anggaran sebesar Rp.47.359.189.400,- yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 telah disiapkan untuk pembayaran THR kepada 10.346 pegawai.

Dia menyebutkan, penerima THR dan gaji ketiga belas terdiri dari, Bupati, Pimpinan dan Anggota DPRD, PNS, CPNS, PPK, Pegawai Non-Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layananan Umum Daerah (BLUD), dan penerima tunjangan.

“Total besaran anggaran dari APBD tahun 2021 kurang lebih Rp47,3 Miliar dengan jumlah sasaran kurang lebih 10 ribu pegawai,” ungkapnya.

Ririn menambahkan, adapun penerima tunjangan yang dimaksud adalah janda atau duda, anak, atau orang tua penerima tunjangan tambahan penghasilan atau yang disebut juga sebagai gaji terusan dari PNS atau Pejabat Negara yang meninggal dunia atau tewas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang mengatur mengenai pemberian tunjangan bagi pensiun janda atau duda PNS.

“Penerima tunjangan itu gaji terusan PNS. Jadi, selama masih menerima gaji terusan, pewarisnya masih berhak menerima THR,” imbuhnya.

Ririn menuturkan, jika tahun kemarin CPNS tidak mendapatkan THR, tahun ini CPNS mendapatkan THR yang terdiri dari 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan umum sesuai jabatannya.

“Iya, tahun ini CPNS dapat THR, sebelumnya dalam kurun waktu 3 atau 4 tahun yang lalu tidak dapat. Besarannya 80 persen, karena CPNS masih 80 persen gajinya,” pungkasnya. (rra/dn)

News Feed