oleh

Pemindahan Tiang Listrik di Jalan Wiroguno Mulai Dikerjakan

Banyuwangi, (afederasi.com) – Keberadaan tiang listrik di tengah jalan Wiroguno, Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi bakal tinggal cerita.

Pasalnya, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Banyuwangi, Selasa (23/2/2021) memulai pengerjaan pemindahan tiang tersebut.

Tahap penggalian lubang tiang pindahan sudah mulai digali. 11 tiang bakal dirapikan secara bertahap, menggunakan anggaran PLN tahun 2021, walaupun tidak ada dalam rencana kerja PLN pemindahan tiang listrik di jalan Wiroguno yang baru selesai pelebaran tetap dilakukan demi keselamatan pengguna jalan.

“Pekerjaan pemindahan sudah mulai dikerjakan, setelah PU menyetujui titik tanam tiang baru,” kata Manajer Keuangan, SDM dan Administrasi, UP3 PLN Banyuwangi, Harry Dewantara.

Harry menambahkan, PLN Banyuwangi merencanakan pekerjaaan pemindahan 11 tiang listrik selesai dalam minggu ini. Dari total sekitar 20 tiang diprioritaskan yang bisa membahayakan dan mengganggu pengendara.

“Semua bakal dirapikan, kita prioritaskan yang urgent dulu,” terangnya.

Sementara itu manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Genteng, Arif Putro menjelaskan, pengerjaan pemindahan tiang listrik dimulai dari persiapan lubang untuk tiang baru. Kemudian pemindahan tiang secara bertahap.

Baca Juga  Badan Jalan Masih Tertancap Tiang Listrik, Jalan Wiroguno Dibuka Untuk Umum

“Disepakati tiang listrik di pindah sebelah barat jalan, kami masih tahap penggalian tempat lubang tiang yang baru,” ungkapnya.

Proses pemindahan sendiri, terang Arif, perlu kerja sama antar semua pihak. Pekerjaan pemindahan tiang listrik direncanakan dalam minggu minggu ini selesai, pemindahan sendiri dilakukan secara bertahap bila nanti sudah tahap pemindahan jaringan tempat atau jalan perlu disteril karena sangat bahaya bila masih ada lalu lalang kendaraan.

“Disampaikan kepada masyarakat bila nanti ada ganguan harap dimaklumi karena proses pemindahan tiang listrik ini,” harapnya.

Terpisah Plt kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi, Danang Hartanto membenarkan, PLN telah memulai pekerjaan pemindahan tiang listrik yang berada di tengah jalan Wiroguno.

“PLN hari ini memulai pengerjaan pemindahan tiang tersebut, tanda peringatan adanya tiang listrik atau rambu rambu bahaya sudah terpasang,” singkat Danang. (ron/dn)

News Feed