oleh

MTQ Kapolda Jatim Cup antar Perguruan Pencak Silat Resmi Digelar

Trenggalek,(afederasi.com) – Guna menjaga sekaligus memelihara Kamtibmas kondusif di bumi Menak Sopal, Polres Trenggalek menggelar “Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kapolda Jatim Cup” bagi warga perguruan silat se-Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan yang digelar di Hall Hotel Bukit Ja`as Permai tersebut resmi dibuka pada Kamis (13/8/2020) dan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kapolda Jatim yang diwakili Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan.

Kombes Pol Budi Indra Dermawan yang mewakili Kapolda Jatim mengatakan, kegiatan MTQ perguruan pencak silat adalah yang pertama di Jawa Timur.

Menurutnya, kegiatan seperti ini, bisa menjadi inspirasi bagi polres jajaran yang lain. Serta menjadi atmosfer bagi perguruan pencak silat untuk dapat mengelola beladiri, sekaligus moral dan akhlakul karimah.

“Dengan diadakannya MTQ ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal kegiatan positif dimana perguruan pencak silat selain menguasai keahlian bela diri,” ungkapnya.

Masih menurut Kombes Pol Budi, diharap kan mereka nantinya juga memiliki akhlakul karimah. Sehingga sangat membantu meningkatkan mental, moral dan bersama-sama membangun Jawa Timur yang kondusif.

Baca Juga  Peringati HUT Kemerdekaan ke-75 RI, Polres Trenggalek Gelar Kegiatan Bansos

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menuturkan, kegiatan MTQ ini merupakan salah satu upaya Kepolisian menyikapi permasalahan dan perselisihan antar perguruan pencak silat yang kerap terjadi di Kabupaten Trenggalek.

Selain sebagai wadah silaturahmi, masih kata AKBP Doni, dengan gelarnya MTQ ini pihaknya berharap agar perguruan pencak silat di Kabupaten Trenggalek dapat saling menjaga kerukunan, perdamaian serta persahabatan dan membantu menjaga Kamtibmas yang kondusif.

“MTQ Kapolda Jatim Cup ini bertujuan meningkatkan kebersamaan dan perdamaian. Dan kegiatan ini rencana akan kita adakan setiap tahun memperubatkan piala bergilir Kapolda Jatim,” terangnya.

Disampaikan AKBP Doni, MTQ Kapolda Jatim Cup akan berlangsung selama dua hari ke depan.  Dan dimulai pada Kamis (13/8/2020) dan Jumat (14/8/2020).

Sedangkan pesertanya, diikuti sedikitnya 33 regu perwakilan dari berbagai perguruan pencak silat di Kabupaten Trenggalek. Dan dibagi menjadi dua kategori yakni Remaja dan Dewasa.

Ditempat yang sama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin sangat mengapresiasi jajaran Polres Trenggalek atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Baca Juga  Pemberian SK PPS Ditunda, Honor PPK Hanya Dicairkan 1 Bulan

“Kami sangat mengapresiasi jajaran Polres Trenggalek. Kegiatan ini sangat efektif dalam meningkatkan iman dan taqwa serta mengangkat semangat kebersamaan dan kerukunan antar peguruan pencak silat di Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya. (pb/dn)

News Feed