oleh

Menengok Desa Bakalanpule, Kampung Tangguh Zero Covid-19

Lamongan, (afederasi.com) – Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung diresmikan menjadi kampung tangguh pada Sabtu (26/6/2020). Menariknya, di desa yang mayoritas berpenduduk sebagai petani ini tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

Lantas, apa jurus jitu yang diterapkan warga dan pemerintah desa (pemdes) setempat untuk mencegah penyebaran Covid-19 ?

Kepala Desa Bakalanpule Achmad Zamroni mengatakan, sejak Covid-19 mulai mewabah, Pemdes Bakalanpule langsung gerak cepat dengan menerapkan protokol kesehatan, Upaya ini ternyata mendapat respon positif warganya. Sehingga pemdes dan warga berkomitmen bersama-sama menangkal penyebaran Covid-19.

“Semua mendukung upaya ini, alhamdulilah sejauh ini tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19,” katanya.

Zamroni menjelaskan, tidak ada trik kusus untuk mencegah penyebaran Covid-19 di desanya. Hanya saja, warga disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menerapkan physical distancing, membiasakan cuci tangan, penyemprotan desinfektan, hingga tetap berada di rumah jika tidak ada acara yang penting.

“Lambat laun, penerapan protokol kesehatan ini sudah menjadi kebiasaan. Sehingga kami siap menjalani new normal tanpa ada kekawatiran,” terangnya.

Baca Juga  Ajak Warga Perangi Covid-19 Melalui Kampung Tangguh

Zamroni menambahkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya menghimbau kepada warganya agar tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli mengapresiasi gerak cepat Pemdes Bakalanpule penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal itu karena Pemdes Bakalanpule dengan cepat  memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan menjadi kebiasaan.

“Alhamdulillah warga Bakalanpule tidak ada yang terkonfirmasi positif. namun demikian mari bersama-sama tetap mengantisipasi terhadap penyebaran Covid-19,” ajak Fadeli.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Lamongan AKBP Harun, dirinya berpesan kepada warga Bakalanpula untuk tetap mematuhi protokol kesehatan  dan terus semangat bergotong royong dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid -19.

“Kita harus terus bersinergi, saling mengingatkan dan saling menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga pandemi ini segera selesai,” ujarnya.  (ra/yp)

News Feed