oleh

Lapas Banyuwangi Ajukan 500 WBP untuk Dapat Remisi

Banyuwangi, (afederasi.com) – Dari 900 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Banyuwangi, tercatat 500 nama yang memenuhi syarat sebagai penerima pengurangan masa menjalani pidana atau remisi, Kamis (6/5/2021).

Kalapas Banyuwangi, Wahyu Indarto mengatakan, Remisi Khusus (RK) hari raya keagamaan pada tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Sekitar 500 WBP telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang- udangan dan telah diajukan kepada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk menerima remisi.

“Jumlah tersebut bisa terus bertambah, hingga hari terakhir pengajuan,” kata Wahyu panggilan akrab Kalapas Banyuwangi.

Syarat bagi WBP, tambah dia, tentunya harus berkelakuan baik dengan pembuktian tidak ada register F, dijatuhi pidana diatas tujuh bulan, telah menjalani pidana selama enam bulan dan merupakan narapidana.

“Tidak semua bisa diajukan dan juga belum tentu semua pengajuan bisa disetujui. Itu keputusan pusat, kami sebatas mengajukan,” ungkapnya.

Tahap pengajuan, jelas dia, semua sudah tersistem dan terbuka. WBP yang masuk dalam pengajuan tahun ini kebanyakan dari kasus pidana umum, narkotika dan undang-undang kesehatan. Setelah pengajuan nanti baru diketahui berapa lama remisi yang diterima melalui keputusan pusat.

Baca Juga  Berkah Idul Fitri, Sebanyak 482 WBP Lapas Mataram Dapatkan Remisi

“Penerima remisi tentunya berbeda beda. Semisal baru pertama kali ini mendapat remisi, maka akan mendapat pengurangan 15 hari,” katanya.

Remisi semacam ini, jelas Wahyu, merupakan hak dari narapidana, namun tentunya harus sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Bahkan, setiap tahun remisi diberikan bukan hanya pada hari raya keagaman seperti ini.

Ada banyak macam remisi diantara pada saat hari kemerdekaan 17 Agustus ada Remisi Umum (RU), Remisi Tambahan (RT), Remisi Dasawarsa (RD) dan Remisi Perubahan (RP) dan ada pula Remisi Anak (RA), Remisi Lansia (RL) dan Remisi Sakit Berkepanjangan (RS).

“Remisi diberikan sampai masa tahanan habis, sedangkan untuk pengurangan pada remisi pertama 15 hari, remisi kedua dan ketiga satu bulan, remisi keempat dan seterusnya mendapat pengurangan hingga 1 bulan 15 hari,” pungkasnya. (ron/dn)

News Feed