oleh

KPU Banyuwangi Masih Tunggu Keputusan Resmi dari Pusat, Untuk Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati

Banyuwangi, (afederasi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi menyatakan pihaknya belum dapat menentukan kapan melantik pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi tahun 2020.

Kendati hasil putusan yang dibacakan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) dengan nomor register 87/PHP.UP-XIX/2021, dimana MK membacakan dalam amar putusan permohonan pemohan tidak bisa diterima.

“Kita masih menunggu surat resmi dari KPU pusat atas hasil putusan MK,” kata Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini, Selasa (16/2/2021).

Surat dari pusat, tambah dia, merupakan dasar dalam menentukan penetapan pasangan calon terpilih dalam kontestasi Pilkada serentak yang diselenggarakan pada tahun 2020. Tentunya surat tersebut turun setelah keputusan MK.

“Saat ini tim masih di Jakarta untuk mengawal hal tersebut,” ungkapnya.

Sekedar informasi dalam amar putusan perkara dengan nomor register 87/PHP.UP-XIX/2021, Mahkamah menyatakan mengabulkan eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait serta menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima. Dalam hal ini pemohon yang dimaksud adalah pasangan calon Yusuf Widyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy, sedangkan termohon adalah KPU Banyuwangi dan pihak terkait adalah pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah. (ron/dn)

Baca Juga  KPU : Pilkada Serentak Pastikan Logistik Sudah Terdistribusi ke Desa

News Feed