oleh

Konsultasi Bahaya Narkoba Rupanya Hadir Pada Road Show Bus KPK 2019

Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Sudirman M.Sc, ketika memberikan edukasi tentang bahaya narkoba dan jenis narkoba kepada salah satu pengunjung stand pelayan publik Road Show Bus KPK 2019, di GOR Lembu Peteng Tulungagung, Senin (17/09/2019)

Tulungagung, (Afederasi.com) – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tulungagung, menerima konsultasi tentang bahaya narkoba dari masyarakat secara gratis dalam pelayanan public serangkaian road show bus KPK 2019 ‘Jelajah Negeri Bebas Anti Korupsi’, di GOR Lembu Peteng, Tulungagung.

Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Sudirman M.Sc melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Tri Arif Praharanto mengungkapkan stand BNNK Tulungagung pada kegiatan road show bus KPK 2019 ini, telah menyediakan berbagai konsultasi tentang bahaya narkoba.

“Disini kita akan memberikan pendidikan tentang bahaya narkoba, dengan sasaran seluruh elemen masyarakat. Mulai dari bentuk narkoba, cara pemakaiannya serta bahaya akibat dari penggunaan narkoba,” ungkapnya, Selasa (17/09/2019).

Tri menuturkan setelah mereka mengikuti konseling nantinya akan diketahui tingkat kecanduan pasien penyalahguna narkoba, sudah masuk pada tahapan coba – coba, ketergantungan ringan, sedang, hingga berat. Yang dimaksud dengan ketergantungan berat ini apabila pasien sudah menggunakan jarum suntik dalam pemakaian narkoba, kendati itu hanya satu kali. Selanjutnya, menuju pada tahapan rehabilitasi.

Baca Juga  Pelanggar Operasi Patuh Semeru Di Surabaya Meningkat 100 Persen

“Tingkat kecanduan berat itu biasanya penggunaan narkotika jenis heroin, morfin maupun sabu cair,” jelasnya.

Selain memberikan edukasi tentang bahaya narkoba, BNNK Tulungagung juga memperkenalkan sebuah inovasi berupa aplikasi simpelbnnpjatim.com. Inovasi aplikasi ini merupakan suatu bentuk komitmen dan inovasi dalam membangun Zona Integrasi  (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta memangkas birokrasi pelayanan.

Aplikasi Simpel ini merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pelayanan. Hal ini untuk menjawab tuntutan masyarakat agar semakin dekat dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat secara langsung.

“Dalam salah satu point ZI, WBK, WBBM, suatu lembaga harus memiliki atau menciptakan sebuah inovasi secara online,” kata Tri.

Menurut Tri, aplikasi ini untuk memangkas pelayanan birokrasi yang panjang menjadi sederhana. Dimana, biasanya para pemohon datang langsung untuk mengisi data diri. Namun dengan membuka simpelbnnpjatim.co.id orang tidak perlu datang lagi ke BNNP hanya untuk sekedar memasukan data diri.

Terkadang orang untuk datang ke BNNK atau BNNP memiliki rasa takut jika nantinya akan ditangkap atau malu dengan kenalan maupun tetangganya. Diharapkan, aplikasi yang berisi pelayanan tes urine, rehabilitasi, audiensi, dan pengaduan dapat bermanfaat serta dapat memberikan edukasi tentang bahaya narkoba. Untuk identitas pemohon terjamin kerahasiaannya.

Baca Juga  Puluhan Pegawai Lapas Klas IIB Kota Marmer Diperiksa Urine, 5 Pegawai Tak Hadir

“Ini bisa dikatakan jemput bola, bila pemohon tidak bisa hadir, maka kami akan datang ke pemohon, karena kami paham akan stigma masyakarat seorang pemakai narkoba adalah penjahat ,” tegasnya. (an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed