oleh

Komisi III Sidak Lokasi Tambang, Curiga Ada Pelanggaran Hukum

Situbondo, (afederasi.com) – Komisi III DPRD Kabupaten Situbondo menggelar inspeksi mendadak (Sidak), ke areal pertambangan galian C di Desa Widoro Payung, Kecamatan Besuki, Rabu (7/4/2021). Sidak dilakukan karena Komisi C mencurigai jika ada perbuatan melawan hukum dalam pengelolaan tambang tersebut.

Tudingan itu muncul setelah mengetahui bahwa sudah banyak bekas areal yang diambil meterialnya, sementara pajak yang diterima oleh Pemerintah  Daerah (Pemda) hanya sebesar Rp5 juta selama tahun 2020.

“Kalau melihat realisasi dari pengambilan material tanah maupun batunya itu sudah banyak loh, berbanding terbalik dengan pajak yang disetor hanya segitu. Itu untuk tahun 2020, sementara tahun ini belum sepeserpun pajak masuk. Dengan fakta itu kami mencurigai ada pelanggaran hukum ini,” beber Arifin, salah satu anggota Komisi III, usai sidak.

Masih menurut politisi PPP tersebut, Komisinya bergerak melaksanakan sidak berawal dari adanya pengaduan masyarakat, yang keberatan akan adanya aktivitas tambang lantaran merusak akses jalan.

Untuk itu, pihaknya tidak datang sendirian Komisi III juga menggandeng Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat, untuk melakukan kajian atas kerusakan jalan yang diakibatkan oleh truk pengangkut tambang (dump truck). Hasilnya diketahui, kurang lebih 1 kilometer jalan mengalami kerusakan parah.

Baca Juga  Akui Telah Merusak Jalan, Komisi III Tekan Penambang untuk Lakukan Perbaikan

“Tadi hasil hitungan PUPR, kerusakan jalan itu cukup panjang. Jika diperbaiki ditaksir membutuhkan anggaran hingga Rp100 juta. Kalau begitu faktanya, artinya Pemda rugi dong. Wong hanya setor pajak Rp5 juta,” beber Arifin lagi.

Sayangnya pengelola tambang itu terkesan menghindar, saat wakil rakyat ini sidak. Sehingga tidak bisa dipastikan apakah ijin tambang sudah lengkap atau tidak. Rencananya, dalam waktu dekat Komisi III akan memanggil pengusaha tambang, bersama dinas terkait untuk membahas persoalan pajak maupun kerusakan jalan.(fin/dn)

News Feed