oleh

Kasus Positif Covid-19 Bertambah Dari Klaster Hajatan

Blitar, (afederasi.com) – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar kembali bertambah. Setidaknya delapan orang dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang meninggal dunia. Mereka berasal dari klaster hajatan.

Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Krisna Yekti mengatakan, klaster hajatan ini baru pertama kali muncul di Kabupaten Blitar. Menurutnya, klaster itu muncul dari seorang keluarga yang datang ke acara hajatan di Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon. Usai hajatan yang bersangkutan kemudian dinyatakan positif Covid-19 kemudian meninggal dunia.

“Saat hajatan ada keluarga yang saat itu bertamu, kemudian terpapar Covid-19. Kebetulan dia komorbid atau punya penyakit penyerta dan akhirnya meninggal dunia,” katanya.

Krisna melanjutkan, dari temuan tersebut pihaknya melakukan tracing dan swab sekitar 15-20 orang.  Hasilnya, 8 orang dinyatakan positif.

Krisna mengungkapkan, pihaknya sebenarnya sudah memprediksi akan adanya klaster hajatan. Ketika hajatan diperbolehkan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mewajibkan penyelenggara untuk mematuhi protokol kesehatan dan tidak mengundang banyak tamu.

“Sebenarnya kita sudah prediksi ketika kita perbolehkan hajatan, yang kita perbolehkan itu sebenarnya masih dalam tanda petik dengan mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Baca Juga  Corat-coret, Enam ABG Diamankan Polisi

Kemudian ketika menerbitkan rekom, pasti disebutkan tidak boleh mengundang banyak orang. Ini dilihat dari tempat tinggalnya kapasitas gedungnya. Harapan kita hajatan itu dilakukan secara sederhana karena masih pandemi. Namun ternyata  kondisi di lapangan berbeda,” ujar Krisna.

Hingga saat ini, jumlah komulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1055 kasus. Dari jumlah tersebut 911 dinyatakan sembuh sedangkan 82 meninggal dunia. (dik)

News Feed