oleh

Ratusan Warga Kota Soto Terima Bantuan Peningkatan Rutilahu

Lamongan, (afederasi.com) – Sebanyak 350 warga Kota Soto mendapatkan bantuan peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolik dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Lamongan Fadeli, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, dan Kapolres AKBP Harun pada Senin (29/6/2020) di rumah Tamirin warga Dusun Guyangan Desa Sekarbagus Kecamatan Sugio.

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menjelaskan, progam Rutilahu ini merupakan bantuan dari provinsi Jawa Timur (Jatim) yang bekerja sama dengan Kodam V Brawiaja. Dimana, untuk Kabupatan Lamongan mendapat bantuan sebanyak 350 unit rumah yang tersebar di 26 Koramil.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Polres Lamongan yang turut berpartisipasi mensukseskan program ini,” katanya.

Sidik melanjutkan, adapun kriteria warga yang menerima bantuan ini adalah mereka yang memiliki penghasilan rendah. Disamping itu, mereka termasuk warga miskin yang belum memiliki rumah atau sudah memiliki rumah namun tidak layak.

“Kita utamakan yang sudah berkeluarga dan memiliki lahan yang bisa dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Baca Juga  Peringati HUT Bhayangkara ke-74, Polres Lamongan Gelar Khotmil Qur'an

Sidik melanjutkan, tujuan pemberian bantuan ini yakni untuk merangsang penerima bantuan yang memiliki keterbatasan secara finansial untuk memiliki rumah layak huni. Harapannya, rumah yang ditempati sehari-hari sehat, aman, dan nyaman.

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli mengucapkan syukur atas terlaksananya program Ratilahu ini. Pasalnya, bantuan ini langsung menyasar kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman TNI/Polri,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Harun mengungkapkan jika Polri siap mendukung penuh program Rutilahu ini.

“Kami dari Kepolisian siap mensupport kegiatan Rutilahu dan kegiatan ini merupakan kaloborasi Forkopimda untuk menyejahterakan masyarakat,” jelas Harun.

Berdasarkan pantauan afederasi.com, peletakan batu pertama tersebut juga disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi dan beberapa instansi terkait, serta perangkat desa setempat.

Dipenghujung acara, Forkopimda dan Ketua Cabang Bhayangkari Lamongan juga memberikan bantuan berupa sembako. (ra/yp)

News Feed