Selasa, 2 Agustus 2022, 17:30 WIB

Komisi D DPRD Jatim Minta Ada Perbaikan di Jalan Jember – Lumajang

Jember, (afederasi.com) – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta dan berharap agar Dinas PU Bina Marga kembali memperbaiki rusak di perbatasan Jember – Lumajang. Dalam pantauan pihak legislatif ditemukan pembangunan jalan di wilayah Jember diberikan bahan baku yang kurang layak sehingga cepat rusak.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Satib mengatakan bahwa UPT pembangunan jalan yang memiliki anggaran tertinggi ada di Jember. Ketika ada kerusakan parah jalan propinsi di wilayah perbatasan antara Kasiyan Jember dan Lumajang,  pengerjaannya dibagi dua anggaran, yaitu pagu Rp 11 M DAK dan pagu Rp 50 M reguler.

Dari paket pengerjaan tersebut, kata politikus asal Jember progresnya masih berada 80 persen. 

“Dengan persyaratan 80 persen tersebut, rekanan yang ikut lelang tersebut berlomba-lomba untuk menurunkan harga. Dampaknya di lapangan pemberian bahan baku kurang layak. Perlu ada pengawasan maksimal agar tidak diberi kualitas bahan baku yang kurang layak meski harga penawarannya murah,” katanya.

Di daerah perbatasan Jember dan Lumajang tersebut, sambung Satib, banyak dilalui kendaraan truk Odol (Over Dimension Over Loading / kendaraan berat), maka kondisi jalan cepat rusak parah.

“Kami was-was dengan harga murah seberapa kekuatan jalan tersebut layak dilalui oleh truk Odol. Saya sudah mengingatkan rekanan untuk memberikan kualitas bahan yang baik dalam perbaikan jalan tersebut,” terang politikus asal Jember ini.

Tak hanya menyiapkan bahan baku yang berkualitas juga perlu ada uji laborotarium setiap tahapan dalam proses pengerjaan jalan tersebut.

“Per tahapan harusnya ada uji laboratorium untuk mengetahui kualitas pengerjaan jalan tersebut,” pungkas Satib. (dn)