oleh

Jadi Lokasi BSMSS, Desa Rajaiyang Diharapkan Jadi Desa ‘Tuntas’

Indramayu, (afederasi.com) – Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat secara resmi membuka kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun 2020 yang berlangsung di Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu Jawa Barat, rabu (26/8/2020). Kegiatan yang mendapat apresiasi warga setempat itu diharapkan mampu dapat merubah desa Rajaiyang menjadi “Desa Tuntas”.

Kegiatan BSMSS merupakan kemangunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka membantu otoritas sipil untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik dan non fisik.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari, dari tanggal 26 Agustus sampai 9 September 2020. Dan program BSMSS merupakan sinergitas pembangunan dan kerjasama antara Pemkab Indramayu, Pemprov Jawa Barat dan Kodam III Siliwangi,” kata Taufik dalam sambutannya.

Ada dua jenis kegiatan dalam program BSMSS ini yaitu kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik akan melakukan beberapa pembangunan diantaranya pengerasan jalan Blok Cilogog sepanjang 700 M,  pembangunan jembatan, dan drainase. Selain itu direncanakan pula pembangunan/rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) serta penerangan jalan umum (PJU).

Sementara untuk pembangunan non fisik akan melakukan penyuluhan, pelayanan, sosialisasi dan pemberdayaan diantaranya pelayanan adminduk, pembuatan AK1, pemberian bantuan benih ikan dan lainnya.

“Harapan kita semoga pelaksanaan kegiatan BSMSS yang bersumber dari APBD, instansi, BUMN dan BUMD serta lainnya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tegas Taufik.

Selain itu, dengan terpilihnya desa Rajaiyang menjadi lokasi BSMSS. diharapkan desa Rajaiyang menjadi ‘Desa Tuntas’ karena mampu menyelesaikan permaslahan yang ada di desa tersebut.

Sementara, Kuwu Rajaiyang, Carti, mengatakan, desanya menjadi lokasi BSMSS merupakan anugerah yang sangat luar biasa. Pasalnya dalam waktu singkat akan merubah suasana desa terutama pembangunan  fisik yang dilaksanakan dengan cepat. Selain itu, kehidupan sosial lainnya diharapkan juga bisa berubah.

“Alhamdulilah desa kita jadi lokasi BSMSS, terima kasih kepada pemerintah dan jajaran TNI yang akan membangun baik fisik maupun non fisik di desa kami ini,” kata carti bangga. (Isk/an)

News Feed