oleh

Ispektorat Kendal Terima Puluhan Aduan Dugaan Penyalahgunaan DD, Ini yang Dilakukan

Kendal, (afederasi.com) –  Hingga kini Inspektorat Kabupaten Kendal tengah menangani aduan sebanyak 32 kasus, terkait dugaan penyalahgunaan pengunaan anggaran dana desa. Dari jumlah itu tiga kasus dilanjutkan keranah hukum.

Kepala Inspektorat Kendal,  Jawa Tengah, Sugeng Prayitno mengungkapkan pihaknya selain menindaklanjuti aduan masyarakat terkait adanya penyalahgunaaan anggaran dana desa yang mengakibatkan kerugian negara.

Pihaknya juga melakukan pemeriksaan reguler administrasi maupun penggunaan keuangan dana desa.  “Ada sebanyak 159 kali sampai akhir September sudah dilakukan pembinaan, karena adanya kesalahan dalam administrasi,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan memang ada penyimpangan administrasi yang mengakibatkan kerugian negara.  Oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan melalui cara pencegahan dan pembinaan.

Dia juga memberi masa hingga dua bulan untuk mengembalikan, namun kalau tidak ada pembenahan maka kasus ini akan dilanjutkan ke aparat penegak hukum.

“Tidak semua yang dilakukan pembinaan terbukti terjadi kesalahan maupun kerugian negara, sehingga bagi yang tidak terjadi pelanggaran maka diberikan surat keterangan tidak ditemukan pelanggaran baik secara administrasi maupun penyalahgunaan keuangan yang menyebabkan terjadinya kerugian negara,” tegas Sugeng.

Baca Juga  Target PBB P2 Belum Optimal, Bakeuda dan Inspektorat Telurusi Pungutan di Tingkat Desa

Dengan adanya pembinaan ini, Sugeng berharap agar pemerintah desa dapat melaksanakan program desa dengan baik sesuai aturan dan jangan sampai terjadi penyalahgunaan uang negara.   

“Semoga desa dapat melaksanakan pembangunan dengan maksimal, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan untuk masyarakat desa,” terangnya. (son/dn)

News Feed