oleh

Gubernur Jatim Khofifah; PMII Harus Membuka Pikiran yang Luas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (tengah) bersama forkompimda dan pengurus Cabang PMII di gedung Balai Rakyat

Tulungagung, (Afederasi.com) – Pelantikan Pengurus Cabang PMII Tulungagung masa khidmat 2019-2020 berlangsung sukses dan meriah. Pelantikan yang dipusatkan di gedung Balai Rakyat Jl RA Kartini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Minggu (29/09/2019).

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Provisi Jawa Timur menegaskan sebagai sesama anak bangsa harus saling mengenal satu sama yang lain. Apalagi sebagai kader PMII harus mengenal dan menghargai beranekaragam budaya, suku, agama dan lain sebagainya. Saling menghargai dan menghormati serta memahami akan memunculkan kepercayaan. Saling mengaja kepercayaan inilah menjadi kunci utama dalam membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus belajar dan mengambil pelajaran dari konflik Pathani yang berkepanjangan,”tegas Khofifah Indar Parawansa.

Dia menceritakan di Pathani ada seorang tentara yang masuk masjid memakai sepatu. Karena sudah merupakan kebiasaan ketika pergi ke gereja tanpa melepas sepatu. Nah umat Islam yang mengetahui langsung tersingung dan menyebabkan konflik horizontal.

Baca Juga  AMP Minta Bebaskan 7 Orang Papua Dihukum karena Makar

Berangkat dari konflik itu, Khofifah meminta kepada seluruh kader PMII untuk saling mengenal dan membangun jaringan seluas-luasanya. Dua hal ini yang akan menjadikan PMII lebih besar dan bermanfaat bagi Indonesia. Kader PMII harus membuka pikiran (You Have To Open Mind). PMII harus memahami budaya orang lain sehingga bisa menerima beraneka ragam budaya.

Sementara itu, Ketua Cabang PMII Tulungagung Muhammad Afifudin mengajak seluruh pengurus dan kader untuk memperkuat komitmen kebangsaan terhadap pentingnya merawat kebhinekaan melalui ajaran Islam Ahlussunah wal Jamaah.  Aswaja sebagai salah satu pondasi utama PMII sebagai salah satu cara meredam konflik di tengah-tengah masyarkat.

“Semoga ke depan PMII Tulungagung semakin memperkuat komitmen kebangsaan dan Keindonesiaannya,”harapanya.

Seperti yang diketahui, pelantikan dihadiri juga oleh Bupati, Maryoto Birowo, forkompimda, ketua PC NU, IKA PMII dan seluruh kader PMII mulai dari komisariat hingga rayon. Adapun sejumlah 83 pengurus dilantik langsung oleh ketua PKC PMII Jawa Timur. (am)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed