Kamis, 21 Oktober 2021, 22:23 WIB

F-PKB DPRD Tulungagung Targetkan Perda Pesantren Terwujud Tahun Depan

Tulungagung, (afederasi.com) – Fraksi Partai Kabangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung menargetkanperaturan daerah (Perda) pondok pesantren dapat terwujud tahun 2022.

Ketua DPC PKB Tulungagung, Adib Makarim mengatakan, dengan disahkannya Perpres nomor 82 tahun 2021, pihaknya akan menginisiasi peraturan daerah (Perda) pesantren yang ada di Tulungagung.

“Nanti kami akan menginisiasi,” katanya saat dikonfirmasi afederasi.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Tulungagung ini mengungkapkan, dalam undang-undang dan Perpres pesantren tersebut, menjamin kurikulum pesantren, dan sertifikasi guru.

“Sekaligus dana abadi pesantren. Jadi harus kami wujudkan menjadi Perda,” ungkapnya.

Pria yang akarab disapa Adib ini menuturkan, untuk mewujudkan Perda Pesantren. Pihaknya menggandeng fraksi-fraksi lain diluar fraksi PKB.
Menurutnya, hal itu merupakan strategi yang tepat agar perda pesantren di Kabupaten Tulungagung segera terwujud.

“Kami akan gandeng partai lain untuk mendukung Perda ini (red- Pesantren). Kami juga mendapat dukungan dari Bu Anggia Ermarini DPR RI, ” tuturnya.

Lanjut Adib menegaskan, bahwa perda pesantren di Tulungagung harus segera terwujud, mengingat hal itu merupakan program nasional.

Baca Juga  Polusi Debu Pabrik Kreser Resahkan Warga, DLH Bakal Ambil Tindakan

“Daerah-daerah lain sudah terwujud, Tulungagung wajib ada terbentuk juga,” tegasnya.

Disinggung soal, target realisasi perda pesantren di Tulungagung dapat terealisasikan, Adib mengatakan, dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, pihaknya berharap perda pesantren dapat segera terbentuk.

“Kami target memasukkan masa sidang, perkiraan bulan Februari tahun 2022, nanti dibentuk naskah akademik dan melakukan hearing dengan stakeholder,” pungkasnya.(rra/dn)

News Feed