oleh

DPMPTSP Luncurkan Program Jemput Bola, Wadahi Para Investor Lokal dan Asing

Pj Sekda Kabupaten Tulungagung, Sukaji (kanan) memberikan mandat kepada Kepala DPMPTSP, Santoso untuk melaksanakan Inovasi Promosi Unggulan Daerah melalui system jemput bola

Tulungagung, (afederasi.com) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tulungagung meluncurkan suatu program guna memberikan wadah kepada para investor asing maupun investor lokal untuk dapat menanamkan modalnya di Kota Marmer. Yakni melalui Inovasi Promosi Unggulan Daerah melalui sistem jemput bola.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tulungagung, Santoso mengungkapkan adapun sistem yang digunakan yaitu ketika pemohon membuka website DPMPTSP dan berkoordinasi dengan tim perijinan. Kemudian ditindaklanjuti oleh tim perijinan dengan mendatangi pemohon tersebut di lokasi.

“Dahulu pemohon datang ke kantor untuk sekedar tanya syarat dan proses perijinan, namun sekarang dibalik. Kita yang akan mendatangi mereka atau menjemput bola dengan datang ke lokasi memberikan penjelasan proses perijinan,” ungkapnya.

Dia menuturkan, wilayah Kabupaten Tulungagung memiliki potensi – potensi unggulan terutama di bidang pariwisata di wilayah selatan, sedangkan bagian barat tersedia omah kopi. Dimana industri omah kopi ini memproduksi kopi unggulan sejak peninggalan jaman penjajahan Belanda.

“Dan kita bersama DPMPTSP provinsi sudah membuat projek prospektus. Yaitu suatu kajian yang akan disampaikan pada kegiatan promosi ke luar negeri terkait potensi yang ada. Untuk Tulungagung berada di urutan nomor empat di Jawa Timur yaitu daerah yang memiliki potensi unggulan, di bidang wisata. Dan harus segera di eksplor,” jelasnya.

Santoso menambahkan, melalui inovasi ini diharapkan dapat merangsang investor asing maupun penanam modal dalam negeri (PMDN) untuk menanamkan modal usahanya di Kota Marmer. Melihat tingkat pertumbuhan perekonomian di Tulungagung sangat luar biasa, maka dari itu tidaklah mungkin cukup hanya investor lokal.

“Bukan berarti kami mengecilkan kemampuan investor lokal, namun demikian harapan kami lebih mempercepat proses masuknya PMDN maupun penanam modal dari luar negeri untuk dapat datang ke Kabupaten Tulungagung,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj Sekda Kabupaten Tulungagung Sukaji. Melalui inovasi ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada para investor. Sehingga mempermudah investor untuk menanamkan modalnya di Tulungagung. Sebab potensi paling besar di Tulungagung berada di bidang pariwisata.

“Dengan adanya inovasi ini diharapkan para investor selain menanamkan modalnya juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat Tulungagung. Sehingga merubah perekonomian masyarakat tambah sejahtera,” pungkasnya. (dik/an)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed