oleh

Dishub dan Dispar Bakal Sediakan Layanan Transport Gratis

Banyuwangi, (afederasi.com) – Dalam rangka menyambut libur panjang, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banyuwangi, menyiapkan layanan transportasi gratis bagi para wisatawan yang akan berlibur ke Kabupaten Banyuwangi.

Layanan transportasi gratis itu, ditujukan ke empat destinasi wisata. Diantaranya, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Baluran, Kawah Ijen, dan Pulau Merah Banyuwangi. Layanan gratis itu, bisa diakses melalui banyuwangitourism.com yang dibuka sejak Minggu (25/10/2020).

Kadispar Banyuwangi, M Yanuar Bramuda mengatakan, layanan tersebut bekerjasama dengan Dishub Kabupaten Banyuwangi. Sesuai dengan anggaran yang disiapkan dari Kementerian Perhubungan.

“Setidaknya ada dua bus dan empat haice yang disiapkan,” katanya.

Namun, Bram menjelaskan, untuk penerapan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh kendaraan tersebut, hanya diisi 70 persen. Sedangkan pengguna transportasi gratis tersebut, harus memboking terlebih dahulu melalui webset ataupun datang langsung ke titik poin yang ada di taman sritanjung.

“Kapasitas jelas tidak akan membeludak, karena penumpang harus memesan terlebih dahulu. Jadi semua sudah penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk antisipasi juga, Bram meminta kepada para wisatawan untuk tetap menjaga kesehatan dan menyiapkan sanitizer dan obat-obatan yang diperlukan. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Wisatawan tetap harus membawa peralatan kesehatan sendiri. Karena, tidak mungkin kami akan menyiapkan. Seperti obat-obat yang diperlukan, jika memiliki penyakit atau sakit bawaan atupun sakit yang menyerupai Covid-19,” ungkapnya.

Plt Dishub Banyuwangi, Ali Ruchi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya hanya menjawab jika program layanan tersebut masih dirapatkan kembali oleh Dishub Provinsi Jatim. Karena, pelayanan ini memang ada dua anggaran yaitu dari APBD Banyuwangi dan Kementerian Perhubungan.

“Masih dirapatkan, ini saya masih lakukan zoom meeting,” jawabnya secara singkat.(ron/dn)

News Feed