oleh

Diduga Tak Indahkan SE Bupati, Satgas Covid-19 Tulungagung Bubarkan Kembali Hajatan

Tulungagung, (afederasi.com) – Satuan tugas (satgas) penanganan Covid- 19 di Kabupaten Tulungagung, kembali membubarkan hajatan pernikahan yang di gelar oleh warga, pada Rabu, (13/1/2021) siang.

Pembubaran hajatan tersebut berada di Dusun Ringinsari, Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru atau di rumah salah satu warga berinisial W.

Anggota komunikasi publik satgas penanganan Covid- 19 Kabupaten Tulungagung, Dedi Eka Purnama mengatakan jika pelaksanaan hajatan tersebut tidak mengantongi ijin, baik dari satgas kecamatan maupun satgas kabupaten.

“Dari pihak kepala dusun dan kepala desapun tidak mengijinkan hajatan tersebut terselenggara, namun pihak keluarga tetap nekat menggelarnya,” ujarnya.

Dedi melanjutkan, mulai 11 hingga 25 Januari  mendatang, berdasarkan SE (Surat Edaran) Bupati Nomor 360/ 8/ 602/ 2021 tentang PPKM untuk pengendalian penyebaran Covid- 19 di Kabupaten Tulungagung, ijin hajatan dan segala kegiatan yang bersifat kerumunan harus ditiadakan.

“Jadi kegiatan tersebut kami anggap perlu untuk dibubarkan,” tambahnya.

Menurut Dedi, dari pantauanya jika para tamu undangan juga banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Duduknya berhimpitan dan tidak berjarak,” imbuhnya.

Baca Juga  Satgas Covid-19 : Stop Sementara Kegiatan Hajatan, Waspadai Muncul Klaster Baru

Masih menurut Dedi, pihak satgas Kabupaten Tulungagung tidak melarang adanya akad pernikahan. Namun, pihaknya melarang adanya resepsi atau hajatan pernikahan yang menimbulkan adanya kerumunan.

“Kalau Akhad nikah tetap diperbolehkan tentunya dengan jumlah terbatas orangnya (saksi). Jika hajatan resepsi yang tidak diperbolehkan, pasalnya nanti pasti memicu terjadinya kerumunan banyak orang,” tandasnya. (er/dn)

News Feed