oleh

BKD : Belasan Peserta CPNS, Hasil RDT Reaktif

Tulungagung, (afederasi.com) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tulungagung menyebutkan hingga kini pihaknya telah menerima laporan hasil pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) yang menunjukkan reaktif, dari 12 nama peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB).

Uji RDT bagi peserta CPNS ini menindaklanjuti surat edaran (SE) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tertanggal 31 Agustus 2020 nomor K 26-30/V 148-3/99 perihal penjelasan terkait peserta SKB CPNS formasi tahun 2019 yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hingga kini kami baru menerima laporan ada 12 nama peserta yang hasil rapid-nya reaktif. Dari 12 itu yang hasil PCR-nya negatif satu. Yang lain belum melapor,” ungkap Kepala BKD Kabupaten Tulungagung, Arief Boediono melalui Kabid Pengadaan, Informasi, dan profesi ASN, Pongky Kurniawan, Senin(21/9/2020).

Menurut Pongky, pelaporan hasil rapid test dan pemeriksaan PCR dari peserta merupakan hal penting dalam seleksi kali ini. Hal ini, guna mengantisipasi agar tidak terjadi penularan ketika pelaksanaan ujian SKB yang rencana akan digelar pada akhir September.

Baca Juga  Terima Jatah 601 CPNS Tahun 2019, BKD Tunggu Juklak Juknis

“Kami mengimbau kepada peserta yang hasil pemeriksaan reaktif maupun positif untuk segera melapor ke BKD, yang nantinya akan kami laporkan ke BKN guna dijadwalkan ulang. Jadi disini nantinya peserta tidak akan dirugikan,” ujarnya.

Disinggung mengenai adanya salah satu peserta CPNS yang terkonfirmasi Covid-19 pada Sabtu (19/9/2020) lalu, kata Pongky, hingga kini pihaknya belum menerima laporan resmi.  “Belum ada laporan masuk ke kami, yang bersangkutan belum melapor sampai saat ini,” imbuhnya.

Pongky menambahkan, pihaknya kembali mengimbau kepada seluruh peserta untuk tidak perlu ragu melaporkan kondisi kesehatan kepada panitia. Termasuk jika hasil rapid reaktif maupun hasil pemeriksaan PCR positif.

“Bentuk pelaporannya bagi peserta terkonfirmasi Covid-19, peserta cukup mengirimkan foto kartu peserta ujian dan surat keterangan dari satuan gugus tugas maupun lembaga yang berwenang mengenai hasil pemeriksaan PCR maupun kondisi kesehatan peserta,” jelasnya.

Sekedar diketahui sebelumnya satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung telah merilis satu nama peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang terkonfirmasi positif Covid-19.  Yaitu pasien berinisial DER warga Kecamatan Pagerwojo ini terjaring pemeriksaan Covid-19 ketika sedang melakukan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) sebagai syarat untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) akhir September mendatang.

Baca Juga  Rekrutmen CPNS 2020 Ditiadakan, ini Alasanya

“Yang bersangkutan melakukan RDT di Puskesmas Boyolangu untuk syarat ujian CPNS dan ditindaklanjuti dengan swab hasilnya positif,” kata Wakil Juru Bicara Satuan GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro.

Sebelumnya DER datang ke puskesmas bersama dengan dua orang temannya. Yakni A dan T untuk pemeriksaan RDT pada 15 September lalu.

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan A menunjukkan reaktif rapid, sehingga petugas melakukan pemeriksaan swab terhadap ketiganya. Namun, dari hasil pemeriksaan swab, hanya DER yang hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. (dn)

News Feed